Macetnya cukup panjang. Saya kira macetnya cuma sampai gerbang tol, ternyata menuju jalur Pantura. Lumayan melelahkan."
Karawang (ANTARA News) - Arus lalu lintas dari arah gerbang Tol Cikampek, Cikopo, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, menuju jalur Pantura mulai padat hingga mengakibatkan kemacetan, memasuki H-4 Lebaran atau Kamis dini hari.

Pantauan Antara, kepadatan kendaraan sudah terjadi sejak jalan tol Jakarta-Cikampek Kilometer 70 menuju gerbang Tol Cikampek. Dengan begitu, kendaraan yang akan keluar gerbang Tol Cikampek harus antre 3-4 kilometer.

Kemacetan terus terjadi hingga selepas gerbang Tol Cikampek menuju simpang Jomin hingga memasuki jalur Pantura wilayah Karawang.

Untuk mengantisipasi kemacetan semakin parah, petugas dari Polres Purwakarta beberapa kali melakukan pengalihan arus menuju jalur tengah melewati Sadang-Subang-Cikamurang.

Di titik lain, aparat kepolisian dari Polres Karawang juga berusaha mengurai kemacetan menuju jalur Pantura, dengan terus memberlakukan sistem buka tutup di pertigaan Mutiara.

Dengan diberlakukannya sistem buka tutup di pertigaan Mutiara, kendaraan dari arah gerbang Tol Cikampek menuju jalur Pantura diarahkan melintasi pasar Cikampek, bawah jembatan layang Pasar Cikampek.

Saat terjadi penumpukan kendaraan di jalur Pertigaan Mutiara-Pasar Cikampek menuju jalur Pantura, arus kembali diarahkan ke simpang Jomin melintasi jalan raya By Pass Jomin.

Tindakan buka tutup di pertigaan Mutiara dan pengalihan arus lalu lintas selepas gerbang Tol Cikampek menuju arah Sadang beberapa kali dilakukan petugas untuk mengatasi kemacetan semakin parah.

Seorang pemudik dari Jakarta menuju Yogyakarta, Doni, mengaku terjebak macet selama lebih dari 2 jam di jalan Tol Jakarta-Cikampek hingga gerbang tol.

"Macetnya cukup panjang. Saya kira macetnya cuma sampai gerbang tol, ternyata menuju jalur Pantura. Lumayan melelahkan," katanya. (MAK)

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014