Toronto (ANTARA News) - Film "While We're Young" karya Noah Baumbach dan "Pawn Sacrifice" arahan sutradara Ed Zwick akan digelarkan pada Festival Film Internasional Toronto yang adalah salah satu dari festival film terbesar dan ajang pemanasan menjelang Oscar.

Festival film tersebut mengumumkan sekitar 60 judul film, termasuk film-film berkualitas yang akan ditayangkan pada  festival ke 39 yang akan berlangsung 4 - 14 September itu.

Panitia festival tidak mengumumkan film pembuka dan hanya kana memutuskannya menjelang acara dibuka.

"While We're Young" film indie besutan Baumbach, yang dibintangi Ben Stiller dan Naomi Watts, mengisahkan pasangan usia tua yang kehidupannya terganggu oleh kedatangan pasangan muda ke dalam kehidupan mereka.

"Pawn Sacrifice" yang dibintangi Tobey Maguire sebagai legenda catur Amerika Bobby Fischer yang berlomba dalam kejuaraan dunia catur 1972 melawan pecatur Uni Soviet Boris Spassky yang diperankan Liev Schreiber.

Banyak yang mengatakan setidaknya 300 film akan ditayangkan dalam festival film yang disejajarkan dengan festival film Cannes, Sundance, Venice, dan Berlin itu.

Tahun ini festival tersebut memperketat kriteria jadwal penayangan film yang ditayangkan dalam empat hari pertama, saat media dan industri film mencurahkan perhatian terbesarnya.

"Kami memiliki banyak film untuk ditonton... dan film-film tersebut tidak selalu berada dalam daftar kami," kata pengarah artistik festival, Cameron Bailey, seperti dikutip Reuters.

Film-film lain yang diumumkan pada festival ini adalah film besutan James Marsh, "The Theory of Everything", yang mengisahkan ahli fisika teori Stephen Hawking dan film "Wild" yang dibintangi Reese Witherspoon dan menceritakan mantan pecandu heroin.

Sutradara film "Wild" Jean-Marc Vallee telah mencuri perhatian pada festival Toronto tahun lalu dan ajang Oscar, dengan filmnya "Dallas Buyers Club".

Festival film tersebut akan ditutup dengan drama bertemakan sejarah "A Little Chaos", yang disutradarai aktor film "Harry Potter" Alan Rickman dan dibintangi Kate Winslate yang memerankan perancang salah satu air mancur di Istana Versailles, demikian Reuters.




Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014