Jakarta (ANTARA News) - Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong menghubungi Presiden RI terpilih Joko Widodo (Jokowi) melalui sambungan telepon langsung, satu hari setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan hasil tabulasi suara pemilihan Presiden RI 2014, Selasa (22/7).

Dalam keterangan pers dari Kedutaan Besar Singapura untuk Indonesia yang diterima Antara, Rabu, Perdana Menteri Lee memberikan selamat atas kemenangan Jokowi dalam Pilpres 2014.

Baik Perdana Menteri Lee dan Jokowi mengetahui seberapa dekatnya hubungan yang telah dibangun Indonesia dan Singapura selama ini.

Lee juga menantikan untuk dapat segera bertemu dengan Jokowi untuk mempererat hubungan bilateral dan menjajaki area kerjasama baru yang saling menguntungkan.

Selain menelpon Jokowi, Perdana Menteri Lee juga menulis surat ucapan selamat.

"Kemenangan yang anda raih mencerminkan kepercayaan dan harapan dari rakyat Indonesa atas kepemimpinan anda. Kemarin anda telah melewati kampanye yang berat namun berhasil memenangkan hati rakyat Indonesia dengan visi anda, fokus anda kepada keprihatinan dan aspirasi rakyat serta dengan kerendah-dirian anda," ujar Lee dalam keterangan pers tersebut.

"Saya yakin Indonesia akan semakin berkembang dibawah kepemimpinan anda," tambah PM Lee.

Singapura dan Indonesia telah menjalin hubungan persahabatan sejak lama berdasarkan kepercayaan dan kepentingan bersama, kerjasama di berbagai bidang mencakup perdagangan, bisnis dan hubungan antar warga negara.

Kedua negara juga berbagi kepentingan dalam hubungan ASEAN yang stabil, damai dan sejahtera.

"Saya menantikan dapat bekerjasama dengan anda dalam meningkatkan hubungan untuk kepentingan warga negara masing masing dan regional.

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014