Bandung (ANTARA New) - Jumlah pemudik yang menggunakan angkutan umum bus dari Terminal Cicaheum, Kota Bandung, Jabar, mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu.

"Dibandingkan tahun sebelumnya pemberangkatan penumpang menggunakan kendaraan umum turun lima hingga enam persen," kata Kepala Terminal Cicaheum Abdul Haris disela-sela peninjauan persiapan mudik bersama Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar di Terminal Cicaheum, Kamis.

Jumlah penumpang yang berangkat dari terminal Cicaheum lima hari jelang Lebaran tercatat sebanyak 4.388 penumpang. Padahal pada 2013, jumlah penumpang yang diberangkatkan mencapai 5.857 penumpang dengan 385 armada bus.

Menurut dia, penurunan penumpang itu karena pemudik banyak beralih menggunakan transportasi umum lainnya atau kendaraan pribadi.

"Mungkin masyarakat yang ingin hemat mudik menggunakan sepeda motor," katanya.

Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar juga berpendapat sama. "Bisa jadi pemudik sekarang lebih memilih memakai motor atau mobil sendiri," katanya.

Perbandingan dengan hari biasa, aktivitas masyarakat atau penumpang di terminal Cicaheum menjelang Lebaran mengalami peningkatan 10 persen.

Terminal Cicaheum Bandung menyiapkan 308 unit armada bus dan 30 bus cadangan dari PO Damri untuk tujuan kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014