Jakarta (ANTARA News) - Program "Miss Soccer 2014" yang berlangsung selama hajatan Piala Dunia 2014 diklaim memberikan dampak positif dan memperkuat posisi Baidu Indonesia.

Menurut pihak Baidu Indonesia, selama program berlangsung terjadi penambahan jumlah pengguna Baidu Browser di Indonesia sebanyak 1,5 juta pengguna, serta penambahan jumlah "likes" fanpage Baidu Browser Indonesia (http://facebook.com/BaiduBrowerID) sebanyak lebih dari 125 persen.

Tak hanya itu, Baidu mencatat terjadinya peningkatan drastis pada aktivitas serta interaksi para pengguna Facebook dan fanpage Baidu Browser di Indonesia.

Hal ini menurut mereka menunjukkan tingginya antusiasme masyarakat untuk memilih kandidat Miss Soccer 2014.

Bahkan, selama program berlangsung, terdapat lebih dari 2 juta dukungan suara (votes) yang masuk setiap minggunya, bagi para kandidat Miss Soccer 2014.

Miss Soccer 2014 merupakan program kontes foto yang dilakukan melalui aplikasi browser. Program ini merupakan yang pertama kalinya di Indonesia.

Program ini berlangsung pada 12 Mei-12 Juli 2014, dan dilaksanakan dalam tiga tahap. Pada tahap pertama yakni pada 12–21 Mei 2014, sebanyak 127 peserta mendaftarkan diri dan menampilkan foto terbaik mereka pada fanpage Baidu Browser Indonesia.

Baidu kemudian menyaring 100 peserta berdasarkan voting tertinggi untuk berkompetisi di tahap kedua yang dilaksanakan pada 2 Juni–5 Juli 2014.  

Berbeda dari tahap pertama, mekanisme voting pada tahap kedua ini dilakukan melalui Baidu Browser dan situs Hao123 milik Baidu.

Pada tahap ini, Baidu memilih 30 orang kontestan yang mendapatkan voting tertinggi untuk maju ke tahap final yang diadakan pada  7–12 Juli 2014. Sama seperti pada tahap kedua, mekanisme voting pada tahap final juga dilakukan melalui Baidu Browser dan Hao123.

Pada tahap final, Baidu Indonesia akhirnya mengumumkan tiga pemenang pemilihan Miss Soccer 2014, yakni Syifa Arifiyani, Cindy Devina, dan Natisya FM.

Syifa Arifiyani sebagai pemenang pertama mendapatkan nilai voting 172.688, Cindy Devina 157.544 suara dan meraih juara dua, sedangkan Natisya FM yang mengantongi nilai voting 152.250 merebut tempat ketiga.

"Para peserta program ini sangat antusias untuk mendapatkan gelar Miss Soccer 2014. Mereka sudah menjalankan proses yang panjang, dimulai dari pendaftaran, pemotretan, serta mencari dukungan sebanyak-banyaknya melalui aplikasi Baidu Browser dan laman Hao123," ujar Marketing Manager Baidu Indonesia, Iwan Setiawan, dalam acara penutupan ajang pemilihan Miss Soccer 2014 di Jakarta, Senin (14/6) lalu.

Iwan mengungkapkan, pihaknya memberikan apresiasi kepada tiga orang pemenang ajang ini berupa uang tunai dan trofi serta kesempatan bagi pemenang pertama dan kedua untuk menjadi brand ambassador dari produk dan media sosial laman Baidu.

Kemudian, kesuksesan program Miss Soccer 2014 tidak lepas dari partisipasi para voters yang tidak pernah bosan mendukung kandidat favorit mereka.

Karena itu, Baidu juga memberikan apresiasi kepada para voters yang aktif berpartisipasi dalam program ini.  Apresiasi yang diberikan ini berbentuk hadiah, yakni: Tablet Samsung (pemenang pertama), smartphone Samsung (pemenang ke dua), tiket nonton senilai Rp200 ribu (pemenang ke tiga) serta voucher senilai Rp 25 ribu (200 voters di peringkat berikutnya yang telah mengumpulkan minimal 100 poin).

Sekalipun program Miss Soccer 2014 telah berakhir seiring berakhirnya momentum Piala Dunia 2014, pihak Baidu berkomitmen untuk terus berupaya memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi para pengguna Internet melalui inovasi dan teknologinya.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014