Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memastikan kesiapan pelayanan arus mudik lebaran dengan meninjau sejumlah lokasi terkait kegiatan tahunan itu, Kamis.

Presiden melihat kesiapan dan pelayanan arus mudik Lebaran 2014 di Posko Nasional mudik lebaran di Kementerian Perhubungan.

Di Posko Nasional Angkutan Lebaran tersebut Presiden mendapatkan penjelasan mengenai moda angkutan lebaran baik darat, laut dan udara.

Di posko yang terletak di lantai 7 itu, terdapat panel monitor yang dapat memantau kondisi diberbagai stasiun, bandara juga terminal.

Wamenhub Bambang Susantono menjelaskan kepada Presiden bagaimana pelayanan angkutan udara, angkutan laut dan angkutan darat.

Saat meninjau posko tersebut Presiden didampingi Wapres Boediono, Menhub EE Mangindaan, Menteri BUMN Dahlan Iskan, Menteri PU Djoko Kirmanto, Kapolri Jenderal (Pol) Sutarman dan Seskab Dipo Alam.

Presiden sempat melakukan telekonferensi dengan Kepala Terminal Tirtonadi Solo. Dalam kesempatan itu Presiden mendengarkan laporan mengenai pelaksanaan pelayanan di terminal itu.

Kepala Negara juga berkomunikasi dengan stasiun kereta api Gubeng Surabaya. Didapatkan laporan mengenai pelayanan di stasiun kereta yang merupakan salah satu tujuan arus mudik ke arah timur.

Selain Terminal Tirtonadi dan Stasiun Gubeng, Presiden juga mencek kondisi di Bandara Hasanuddin Makassar.

Selanjutnya, akan Presiden meninjau Stasiun Pasar Senen.

Kepala Negara melihat langsung pelaksanaan dan pengaturan arus mudik lebaran khususnya masyarakat pengguna kereta api di Stasiun Senen Jakarta Pusat.

Di Stasiun Senen, selain melihat bagaimana pengaturan angkutan lebaran khususnya moda kereta api, juga akan mendengarkan penjelasan dari pihak PT Kereta Api mengenai operasi pelayanan selama mudik lebaran.*

Pewarta: Panca Hari Prabowo
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014