Makassar (ANTARA News) - Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe memberikan ucapan selamat kepada Joko Widodo dan Jusuf Kalla atas penetapan dari Komisi Pemilihan Umum pada Selasa 22 Juli sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih.

Berdasarkan rilis yang diterima dari Konsuler Jepang, di Makassar, Kamis, Perdana Menteri Shinzo Abe langsung memberikan ucapan selamat itu melalui sambungan telepon kepada Joko Widodo.

Dalam pembicaraannya selama 10 menit lebih itu, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengucapkan selamat atas kemenangan Bapak Joko Widodo dalam pemilihan presiden 2014.

Walaupun persaingan antar pasangan berlangsung cukup ketat, namun proses pemilihan presiden telah berlangsung dengan lancar.

Hal ini menunjukkan kematangan demokrasi di Indonesia pada dunia internasional dan mengucapkan selamat atas suksesnya pilpres Indonesia kali ini.

Dia mengatakan, Jepang dan Indonesia merupakan mitra strategis yang memiliki nilai-nilai dasar yang sama seperti kebebasan, demokrasi dan lainnya.

Peran yang dimainkan kedua negara untuk menjaga perdamaian dan meningkatkan kesejahteraan di kawasan menjadi semakin penting dalam menghadapi perubahan lingkungan keamanan regional.

Dalam bidang ekonomi pula, hubungan Jepang dan Indonesia adalah hubungan "win-win" atau saling membantu dan tumbuh bersama.

Kebijakan Jepang dalam mendukung pembangunan Indonesia dan tumbuh bersama dan menyatakan tidak akan berubah.

Sementara Jepang sendiri bertekad untuk lebih meningkatkan hubungan kemitraan strategis ini dengan bekerjasama dengan Indonesia, khususnya pada pemerintahan yang baru.

Shinzo juga berencana mengundang Bapak Joko Widodo untuk berkunjung ke Jepang dalam waktu yang tidak lama setelah dilantikan sebagai presiden RI dan menyatakan sangat menantikan bekerja bersama dengan Bapak Joko Widodo.

Sedangkan poin-poin yang disampaikan Bapak Joko Widodo yakni mengucapkan terima kasih atas ucapan selamat yang disampaikan Perdana Menteri Shinzo Abe.

Jokowi yang menerima telepon langsung itu sangat menghargai hubungan dengan Jepang yang telah terjalin dan akan berupaya untuk mempererat hubungan kemitraan strategis ini.

Dia juga mengucapkan terima kasih atas undangan dari Perdana Menteri Shinzo Abe dan berharap dapat segera berkunjung ke Jepang dalam waktu yang tidak lama.

Pewarta: Muh Hasanuddin
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014