Kami berharap pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi bersabar sambil mengantre menunggu giliran untuk diseberangkan ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung,"
Merak (ANTARA News) - Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, kembali normal setelah petugas lapangan bekerja keras mengatur lalu lintas guna kelancaraan pemudik yang hendak menuju Pulau Sumatera.

"Kami mengerahkan petugas untuk mengatasi antrean kendaraan yang mengular enam kilometer hingga memadati Jalan Cikuasa Atas," kata Humas PT ASDP Merak Mario S Oetomo di Merak, Kamis.

Ia mengatakan saat ini kondisi Pelabuhan Merak lancar dan semua kendaraan pemudik yang masuk dermaga tidak terjadi penumpukan.

Puluhan kendaraan hanya di lahan parkir sambil menunggu diseberangkan ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

"Kami menjamin arus mudik berjalan lancar, meskipun terjadi kepadatan kendaraan," katanya.

Menurut dia, pada H-4 atau Kamis (24/7) terjadi peningkatan penumpang pejalan kaki dan kendaraan menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

Berdasarkan data penumpang pada H-5 hingga H-4 mencapai 60.496 orang dan kendaraan roda dua dan roda empat sebanyak 5.567 unit.

"Saya kira pemudik sebanyak itu masih normal dan puncaknya H-3 mencapai 120.000 orang," katanya.

Ia mengatakan selama ini penyeberangan Merak-Bakauheni, Lampung berjalan lancar dan tidak ada hambatan maupun kendala.

ASDP Merak mengerahkan sebanyak 28 kapal ferry dengan perjalanan dan penyeberangan sebanyak 94 trip.

Selain itu juga kegiatan bongkar muat dipercepat dari 60 menit menjadi 45 menit sehingga mampu mengatasi antrean kendaraan di dermaga tersebut.

"Kami berharap pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi bersabar sambil mengantre menunggu giliran untuk diseberangkan ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung," katanya.

(KR-MSR/M008)

Pewarta: Mansyur
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014