Korban (Rizqana Mursyidah) masih trauma sehingga tidak bersedia dipertemukan dengan pelaku yang ditangkap, namun para tersangka mengakui perbuatan mereka."
Kairo (ANTARA News) - Aparat keamanan Mesir pada Kamis (24/7) berhasil menangkap tersangka perampokan terhadap dua mahasiswi Universitas Al Azhar dari Indonesia yang menyebabkan salah satu mahasiswi itu meninggal dunia akibat melompat dari mikrolet tempat perampokan.

Tiga pelaku perampokan telah ditangkap termasuk pemilik kedai telepon genggam (HP) bekas yang diduga sebagai penadah HP curian, kata Kepala Keamanan New Cairo, Jenderal Aly Al Damardash, Kamis.

Dua mahasiswi Indonesia yang menjadi korban perampokan tersebut adalah Rizqana Mursyidah (25) yang mengalami luka bacok di tangannya, dan almarhumah Gusti Rahma Yeni (23) yang jenazahnya telah dikuburkan di kampung halamannya di Batipuh Tanah Datar, Sumatera Barat pada Selasa (22/7).

Kepala Fungsi Penerangan dan Sosial Budaya KBRI Kairo, Windratmo Suwarno, yang dikonfirmasi ANTARA membenarkan penangkapan pelaku perampokan tersebut.

"Korban (Rizqana Mursyidah) masih trauma sehingga tidak bersedia dipertemukan dengan pelaku yang ditangkap, namun para tersangka mengakui perbuatan mereka," kata Windratmo.

Penangkapan tersebut terjadi hanya sepekan setelah kejadian tragis itu pada Kamis (17/7) silam, sesuai janji pihak keamanan yang menyatakan akan menangkap pelaku sesegera mungkin.

Publik Mesir termasuk Syeikh Agung Al Azhar Prof Dr Ahmed Al Tayeb dan Rektor Universitas Al Azhar Prof Dr Osama Al Abed serta para Duta Besar ASEAN mendesak pihak keamanan untuk mengusut tuntas kasus tersebut.

Duta Besar RI untuk Mesir Nurfaizi Suwandi dan pihak Al Azhar menyatakan akan terus mengawal kasus tersebut hingga ke meja hijau dan menghukum setimpal para pelakunya.

Peristiwa naas itu terjadi pada Kamis (17/7) malam seusai kedua korban hendak kembali ke asrama Al Azhar dengan naik kendaraan umum, mikrolet, setelah menghadiri acara buka bersama dengan rekan sejawat mereka di Distrik Madinat Nasr, Kairo Timur, sekitar pukul 20.30.

Menurut penuturan Rizqana Mursyidah, saat mereka naik dalam mikrolet, kendaraan umum yang oleh warga setempat disebut "tramco", itu terdapat tiga pria muda termasuk supirnya.

Beberapa saat di perjalanan, tramco berbelok ke arah kawasan sepi padang pasir Muqattam yang bukan rute kendaraan yang biasa korban lalui.

Gusti dan Rizqana mulai curiga dan bertanya mau kemana, dijawab bahwa kendaraannya mau mengisi bensin. Kedua korban pun memohon agar diturunkan saja, tapi dijawab dengan todongan pisau.

Tanpa pikir panjang, Gusti Rahma Yeni meloncat dari jendela tramco di tengah kendaraan berkecepatan tinggi, tapi Rizqana tetap bertahan di mobil dan diminta paksa agar ia menyerahkan telepon genggam dan tas jinjingnya.

Rizqana pun diturunkan setelah ia menyerahkan HP dan tasnya, namun tangannya terkena sabetan pisau pelaku.

Gusti Rahma Yeni yang baru naik tingkat IV Fakultas Syariah itu didapatinya telah terkapar di aspal jalan, hidungnya berdarah.

Menurut Rizqana, Yeni masih bernafas saat ditemuinya, namun nyawanya tidak tertolong saat dalam perjalanan ke Rumah Sakit Zein Houm di Majrul Uyyun, Kairo.

Diduga kuat gusti Rahma Yeni meninggal akibat kepalanya terbentur aspal jalan.

Sesuai permintaan orang tua almarhumah, jenazahnya dipulangkan ke tanah kelahirannya di Ranah Minang.

Semua biaya pemulangan jenazah Gusti Rahma Yeni ditanggung oleh KBRI Kairo, kata Dubes Nurfaizi.

Kepala Fungsi Protokol dan Konsuler KBRI Kairo Nugroho Yuwono Aribhimo ditugaskan untuk melakukan serah terima jenazah kepada keluarganya di Padang.

Di sisi lain, setelah shalat jenazah di Masjid Al Salam di Kairo pada akhir pekan lalu, para petinggi Universitas Al Azhar dan para Duta Besar ASEAN di Mesir melakukan takziah di KBRI Kairo.

Selain takziah, pihak Al Azhar memberi uang duka sebesar 10.000 pound Mesir atau sekitar Rp16 juta kepada orang tua almarhumah.  (M043)

Pewarta: Munawar Saman Makyanie
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014