Jakarta (ANTARA News) - PT. Jasa Marga (Persero) Tbk menyiagakan 429 closed-circuit television (CCTV) untuk memantau arus mudik dan arus balik 2014 di seluruh ruas tol yang dikelola perusahaan tersebut.

Selain itu, menurut Corporate Secretary PT Jasa Marga David Wijayatno perusahaannya juga menyiagakan 60 uni rambu elektronik atau variable messages sign (VMS) di seluruh ruas tol yang dikelola Jasa Marga, seperti di Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi (Jabotabek), Bandung, Cirebon, Semarang, Surabaya, dan Medan.

Dia mengatakan seluruh CCTV dan VMS terhubung dengan monitor pemantau di Jasa Marga Traffic Information Centre (JMTIC).

"Kami menyiapkan dengan baik ruas tol yang digunakan untuk jalur mudik lebaran dan selain itu kami berkoordinasi dengan Kepolisian serta Kementerian Perhubungan untuk menyukseskan mudik lebaran tersebut," kata David.

Jasa Marga juga menyiapkan kendaraan operasional siaga 24 jam dan tersebar di seluruh ruas jalan tol, meliputi  101 kendaraan derek ditambah dua derek serba guna, ambulans 22 unit, kendaraan rescue 13 unit, dan 55 unit patroli jalan raya.

"Kami berharap mudik tahun ini sama seperti tahun lalu yaitu relatif lancar dan tidak banyak terjadi masalah," ujarnya.

David mencontohkan pelaksanaan mudik tahun ini dipersiapkan lebih baik misalnya pengaturan kendaraan yang teratur di ruas tol Cikampek yang bekerja sama dengan polisi.

Jasa Marga juga menyediakan tempat istirahat di beberapa ruas jalan tol seperti Jalan Tol Jakarta-Tangerang, Jalan Tol Purbaleunyi, Tol Jakarta-Cikampek, Tol Jagorawi, Tol Palikanci, Tol Surabaya-Gempol dan Tol Semarang.

Dia mengatakan Jasa Marga juga menjamin kenyamanan dan keselamatan pemudik dengan salah satunya melalui adanya beberapa fasilitas di tempat istirahat seperti musola dan bengkel. Jasa Marga juga bekerja sama dengan polisi memantau keamanan pemudik di jalan tol.



Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014