Beijing (ANTARA News) - Presiden Tiongkok Xi Jinping mengucapkan selamat kepada Joko Widodo sebagai presiden terpilih dalam pemilihan umum Indonesia sembari menyatakan keinginannya bekerjasama untuk meningkatkan hubungan Tiongkok-Indonesia.

Dalam pesannya yang dikirim pada Rabu seperti dikutip Kantor Berita Xinhua, Xi percaya bahwa di bawah kepemimpinan Jokowi, sapaan Joko Widodo, Indonesia pasti akan membuat progres baru dalam pembangunan negara dan pembaruan nasional.

Xi mengatakan sebagai negara berkembang utama di Asia, Tiongkok dan Indonesia berbagi kepentingan bersama yang luas dalam tingkat bilateral, regional, dan multilateral.

Tiongkok, lanjut Xi, telah memprioritaskan Indonesia dalam lingkungan diplomasinya dan memandang sebagai mitra yang dapat diandalkan.

Xi menilai ikatan kedua negara berada dalam waktu terbaik sepanjang sejarah dan kedua pihak tengah menghadapi peluang yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk pembangunan.

Xi juga berkeinginan untuk bekerjasama dengan Jokowi untuk menguatkan hubungan antara kedua negara dan masyarakatnya sehingga berkontribusi besar terhadap perdamaian, stabilitas, dan pembangunan di wilayah dan di dunia.

Sementara, Kantor Berita Xinhua menyebut Joko, sebagai gubernur Jakarta Ibukota Indonesia, memenangkan pemilihan presiden pada 9 Juli dengan persentase suara 53,15 persen yang mengacu pada Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014