Jakarta (ANTARA News) - Menyikat gigi secara teratur saat berpuasa sangat penting, tetapi jangan lupakan juga kebersihan lidah.

Menurut Puneet Ahuja, konsultan senior operasi gigi di New Delhi, lidah yang tidak bersih bisa memicu infeksi.

"Lidah merupakan bagian yang sangat penting bagi kesehatan mulut dan banyak orang cenderung mengabaikannya.
Anda butuh membersihkan lidah setelah menyikat gigi," ujar Ahuja.

Permukaan lidah tidak rata dan dihuni banyak bakteri, baik yang "baik" maupun penyebab infeksi. Oleh karena itu penting untuk selalu menjaga kebersihan lidah demi mencegah bau mulut pada saat berpuasa serta infeksi
mulut dan tenggorokan.

Salah satu cara praktis mengetahui apakah lidah sudah bersih adalah dengan melihat warnanya merah muda atau tidak.  Warna lidah yang keputihan menunjukkan lidah dalam kondisi kotor.

Warna lidah lainnya seperti hitam juga bisa terjadi karena pola makan yang tidak sehat seperti konsumsi kopi berlebihan, mengunyah tembakau, merokok, dan lain-lain.

Orang dengan penyakit seperti ulkus mulut dan kekurangan vitamin juga biasanya memiliki warna lidah dengan bintik-bintik merah.

"Alat pembersih lidah merupakan alat terbaik untuk membersihkan permukaan lidah. Alat itu menghilangkan bakteri, sisa makanan, dan plak di sana. Alat itu digunakan dari mulai pangkal hingga ujung lidah," paparnya.

Ahuja juga menyarankan berkumur dengan cairan pembersih mulut atau larutan garam hangat, demikian  healthmeup.com.




Penerjemah: Unggul Tri Ratomo
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014