Jakarta (ANTARA News) - Ribuan pemudik bersepeda motor diberangkatkan melalui program mudik gratis di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara dengan menggunakan armada kapal laut milik TNI AL.

"Hari ini, ada sebanyak 1.633 orang dan 680 sepeda motor yang kita berangkatkan secara gratis dengan menggunakan kapal laut milik TNI AL," kata Supervisor Terminal Penumpang 2 Pelabuhan Tanjung Priok Syawaludin di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat.

Menurut dia, kapal laut yang ditumpangi oleh ribuan peserta program mudik gratis itu diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta menuju Pelabuhan Tanjung Emas di Semarang.

"Program mudik gratis menggunakan kapal laut ini dilakukan untuk mengurangi kemacetan yang selalu terjadi di sepanjang Jalur Pantura saat musim mudik Lebaran," ujar Syawaludin.

Dia menuturkan mudik gratis itu adalah program pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan yang bekerja sama dengan TNI Angkatan Laut.

"Mudik gratis ini juga merupakan program rutin yang digelar setiap tahun dalam rangka membantu mengakomodir warga yang ingin merayakan Lebaran di kampung halaman," tutur Syawaludin.

Dia mengungkapkan program itu bertujuan untuk membantu masyarakat terutama pemudik yang menggunakan sepeda motor, sehingga dapat melakukan perjalanan mudik dengan lebih aman dan nyaman.

"Selama di perjalanan, para penumpang juga mendapatkan berbagai fasilitas, seperti makan untuk buka puasa dan sahur, dokter dan obat-obatan serta asuransi keselamatan," ungkap Syawaludin. (*)

Pewarta: Rany
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014