"Optimistis lebih baik,"
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin optimistis penyelenggaraan haji 2014 akan lebih baik dibanding tahun sebelumnya karena segala persiapan telah dilakukan.

"Optimistis lebih baik," kata Menag kepada wartawan di sela buka bersama dengan organisasi massa dan wartawan di Rumah Dinas Menag di kawasan Widya Chandra, Jakarta, Jumat malam.

Lukman Hakim mengatakan masalah pemondokan berupa hotel dan apartemen di Mekkah telah selesai 100 persen serta kondisinya baik, sementara itu di Madinah hampir 100 persen dan lokasinya dekat dengan Masjid Nabawi sehingga membuat jemaah akan mudah beribadah.

Namun Menag ingin masalah katering di Armina (Arafah, Muzdalifah dan Mina) ditingkatkan lagi pelayanannya.

Mengenai pemondokan di Mekkah, Menag mengatakan sebanyak 115 hotel dan apartemen telah disiapkan. Ia mengatakan karena saat ini Masjidil Haram sedang direnovasi antara lain diperlebar sehingga banyak pemondokan sekitar Masjidil Haram yang dibongkar.

Akibatnya saat ini banyak hotel dan apartemen yang disewa jaraknya jauh dari Masjidil Haram. Untuk mengatasi ini maka telah disiapkan bus dalam jumlah besar yang siap melayani calon jemaah haji yang ingin melakukan ibadah ke Masjidil Haram. Transportasi Shalawat ini beroperasi selama 24 jam.

Sebelumya disebutkan, menurut survei yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik, tingkat kepuasan jemaah haji terhadap pelaksanaan ibadah haji pada 2013 meningkat menjadi 82,69 persen dibanding 2012 yang 81,32 persen.

Pewarta: Unggul Tri Ratomo
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014