Gorontalo (ANTARA News) - Setelah 40 tahun lebih menanti, warga Kepulauan Ponelo, Kabupaten Gorontalo Utara, kini dapat menikmati listrik.

Wakil Bupati Gorontalo Utara Roni Imran pada Sabtu mengatakan PLN Wilayah Gorontalo sudah menyelesaikan pemasangan jaringan listrik di pulau berpenduduk sekitar 4.000 jiwa itu.

"Janji untuk menyalakan sambungan listrik di Ponelo sebelum khatib Idul Fitri turun mimbar rupanya bisa terealisasi lebih awal," kata Wakil Bupati, yang menyaksikan penggunaan listrik perdana di pulau itu kemarin.

Recky Adambe dari PLN Wilayah Suluttenggo mengatakan unit tower dibangun untuk mengalirkan listrik 20 KV ke pulau itu.

Ia mengatakan, selama sepekan ini petugas masih akan melakukan pemeriksaan seluruh travo untuk memastikan aliran listrik stabil.

Camat Ponelo, Ajuba Thalib, bersyukur kini warganya bisa menggunakan listrik sehingga tidak harus mengeluarkan banyak biaya untuk membeli bensin guna menyalakan genset.

"Setiap rumah tangga, dalam sehari harus membeli bensin minimal tiga liter sedangkan bagi masyarakat kurang mampu harus bersabar dengan penerangan lampu minyak dan ini mereka rasakan berpuluh-puluh tahun lamanya," ujar Ajuba.


Kulkas baru

Warga setempat bergembira menikmati jaringan listrik, sebagian membeli kulkas yang telah lama mereka idamkan.

Para pengemudi angkutan laut menuju Kecamatan Ponelo Kepulauan mendapat banyak pesanan lemari pendingin dari warga.

"Sejak Jumat, lebih dari 30 unit kulkas diangkut dari wilayah darat Kecamatan Kwandang ke pulau ini," kata Ruslan Olii, warga Ponelo Kepulauan.

Warga membeli kulkas bukan untuk menikmati barang mewah, tapi demi mendukung pekerjaan mereka sebagai nelayan.

Nelayan yang selama ini kesulitan mendapatkan pasokan es balok akan menggunakan kulkas untuk menyimpan ikan hasil tangkapan.

Catatan: perbaruan dilakukan pukul 12.00 WIB dengan menambahkan pernyataan camat dan warga setempat.

Pewarta: Susanti Sako
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014