Sukabumi (ANTARA News) - Kendaraan pribadi memadati jalur utama mudik Sukabumi yang menghubungkan Sukabumi dan Jagorawi pada Sabtu, dua hari menjelang Lebaran.

Kepala Seksi Pengendalian Operasional, Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi Kabupaten Sukabumi Asep Sumantri kepada Antara mengatakan tingginya volume kendaraan yang masuk ke jalur mudik Sukabumi menimbulkan kemacetan di beberapa titik.

Kepadatan lalu lintas kendaraan antara lain terjadi di lokasi-lokasi dekat pusat perbelanjaan di Kecamatan Cicurug, Parungkuda dan Cibadak.

"Penumpukan kendaraan terjadi akibat banyaknya kendaraan warga yang keluar masuk pusat perbelanjaan, ditambah jumlah angkutan mudik yang membludak sehingga daya tampung jalan tidak sepadan dengan jumlah kendaraan," katanya.

Ia mengatakan polisi menggunakan beberapa cara untuk mengurai kemacetan lalu lintas di jalur mudik, antara lain dengan mengalihkan kendaraan ke jalur alternatif seperti Jalur Tenjoayu, Kecamatan Cicurug maupun Jalur Nagrak, Kecamatan Nagrak.

Kepolisian, ia melanjutkan, juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Koperasi, Perindustrian, Perdagangan dan Pasar Sukabumi untuk menertibkan pasar tumpah di sepanjang jalur mudik.

Kepala Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Sukabumi AKP Susan Ridwan mengatakan kepadatan kendaraan juga terjadi di depan pasar-pasar tradisional, tikungan serta tanjakan.

Pewarta: Aditya A Rohman
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014