... semua pihak harus mengembangkan sikap multikultur dan pengembangan karakter, dengan cara menghormati ibadah puasa para umat muslim... "
Palangka Raya, Kalimantan Tengah (ANTARA News) - Ketua Komisi III DPRD Palangka Raya, Muhamad Faisal, menyatakan, Ramadhan kesempatan mempererat tali silaturahmi antar umat beragama. Khususnya antara umat muslim dengan saudaranya pemeluk agama lain.

"Untuk memaknai Ramadhan tahun ini semua pihak harus mengembangkan sikap multikultur dan pengembangan karakter, dengan cara menghormati ibadah puasa para umat muslim," katanya, di Palangka Raya, Sabtu.

Menurut dia, keberagaman agama dan etnis yang ada di Palangka Raya harus menjadikan semuanya bersatu tanpa ada pembedaan. Sehingga sikap multikultur dan pengembangan karakter diperlukan untuk menjaga keharmonisan antar warga.

Pihaknya sangat mengharapkan setiap masyarakat Palangka Raya pada suasana Ramadhan bisa dapat saling menghormati serta meningkatkan kerukunan dan rasa takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Sehingga tujuan kerukunan antarumat beragama di Palangka Raya diakui dapat tercipta secara baik. Meski rasa tolerasi keagamaan di kawasan setempat sudah berjalan dengan baik tidak ada salahnya hal itu lebih dijaga dan ditingkatkan lagi.

"Kami ingin masyarakat sejahtera, aman, rukun dan damai sentosa. Agar Palangka Raya semakin mendapatkan suasana keakraban dan kedamaian antar suku dan agama,"ucapnya

Sementara itu, ia juga mengingatkan, masyarakat jangan mudah terpancing dengan adanya isu-isu yang dapat merusak suasana Ramadhan tahun ini. Sebab, hal itu hanyalah perbuatan orang yang tidak bertanggungjawab.

"Masyarakat jangan mempercayai berbagai isu negatif maupun provokasi yang sengaja dihembuskan pihak-pihak tidak bertanggung jawab dengan sasaran menghancurkan tatanan umat beragama di daerah ini," ungkapnya.

Pewarta: Ronny NT
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014