Idul Fitri adalah momentum emas rekonsiliasi bangsa setelah kita melaksanakan pesta demokrasi baik pileg maupun pilpres,"
Jakarta (ANTARA News) - Politisi  Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Ahmad Basarah mengatakan Hari Raya Idul Fitri hendaknya menjadi momen rekonsiliasi bangsa pasca-dilaksanakannya pemilihan umum baik legislatif maupun presiden.

"Idul Fitri adalah momentum emas rekonsiliasi bangsa setelah kita melaksanakan pesta demokrasi baik pileg maupun pilpres," kata Ahmad Basarah saat dihubungi Antara News di Jakarta, Sabtu.

Ahmad mengatakan dalam pelaksanaan pemilu pasti banyak terjadi kesalahan, khilaf dan dosa antar-sesama anak bangsa yang menjadi ekses dari pelaksanaan pemilu.

Oleh sebab itu, memulihkan hubungan persatuan dan kesatuan bangsa pada keadaan semula sangatlah diperlukan apalagi dalam momen Idul Fitri di mana seharusnya umat saling memaafkan.

Lebih lanjut, pria kelahiran Jakarta, 16 Juni 1968 tersebut juga menyoroti betapa beruntungnya bangsa Indonesia masih bisa melaksanakan ibadah puasa dan merayakan Lebaran dalam damai.

"Lebaran 2014 adalah momentum bersejarah bagi bangsa Indonesia, karena selain kita, umat Islam masih dapat menjalankan ibadah puasa dengan leluasa tidak seperti di negara-negara seperti Mesir, Iraq dan lain sebagainya, kita justru baru saja melaksanakan pesta demokrasi di bulan suci," katanya.

Oleh sebab itu, seharusnya masyarakat Indonesia mensyukuri perdamaian yang ada dan senantiasa berupaya menjaganya.(*)

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014