Kalau sudah hujan deras pasti rumah saya ikut banjir"
Jakarta (ANTARA News) - Banjir melanda sejumlah kawasan pemukiman di Jakarta Selatan, Minggu, akibat meluapnya Kali Krukut setelah hujan mengguyur Jakarta dan sekitarnya sejak semalam.

Menurut pantauan Antara, sejumlah kawasan pemukiman yang terendam banjir di Jakarta Selatan antara lain Jalan Kemang Raya, Kelurahan Pela, Bangka, hingga Kampung Sawah.

Di kawasan pemukiman warga di Kecamatan Pela Mampang bahkan banjir mencapai setinggi 20 cm hingga 70 cm.

"Banjir ini sejak kemarin jam 20.00 WIB hingga saat ini belum surut. Tingginya hingga sepinggang orang dewasa," kata warga yang bermukim di kawasan Bangka, Ridwan.

Akses menuju ke pemukiman warga di kawasan itu terganggu, sejumlah warga terpaksa mendorong motornya yang mogok ketika berusaha menerobos banjir.

Hingga siang ini banjir masih menggenangi kawasan tersebut sekalipun tampak mulai surut.

"Sejak semalam kawasan itu telah banjir, dan siang ini mulai surut," kata salah seorang petugas dari Polisi Sektor (Polsek) Kemang seraya mengatur arus lalu lintas di sepanjang Jalan Kemang Raya, Jakarta Selatan.

Menurut warga setempat, Indah, pemukiman di kawasan yang berjarak sekitar 500 meter dari rumah Wakil Presiden terpilih Jusuf Kalla di Kebayoran Baru itu merupakan kawasan yang sering dilanda banjir.

"Kalau sudah hujan deras pasti rumah saya ikut banjir," ujarnya.

Ia menjelaskan, banjir itu selain disebabkan oleh meluapnya Kali Krukut juga karena kiriman air dari Bogor, Jawa Barat.

"Kami warga di sini berharap mendapat perhatian dari pemerintah, dan banjir ini segera surut agar besok kami nyaman merayakan Lebaran," ujarnya.

Pewarta: Zabur Karuru
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014