Jayapura (ANTARA News) - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) klas I A Abepura, Jayapura, Papua akan buka selama sehari (satu hari) diawal Hari Raya Lebaran 1435 Hijriah, 28 Juli 2014.

"Besok, Senin (28/7) kami akan buka Lapas selama satu hari untuk warga muslim dan umum untuk menjenguk keluarga dan saudaranya dalam Lapas. Silakan siapa saja datang untuk bersalaman," kata Kepala Lembaga Pemasyarakatan klas I A Abepura, Jayapura, Endang Lintang Hardiman di Jayapura, Minggu.

Meski dibuka selama satu hari penuh namun penjagaan tetap ketat. "Petugas keamanan Lapas (sipir) tetap memeriksa setiap orang yang masuk," ujarnya.

Diharapkan, semua pihak yang datang menjaga keamanan dan ketentraman. Dengan begitu kunjungan dapat berjalan lancar dan aman.

Hal serupa juga disampaikan Kepala Divisi Pemasyarakatan (kadiv pas) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas I A di Abepura, Jayapura, Johan Yarangga. Menurut Johan, himbuan pembukaan Lapas Abepura selama satu hari di awal Lebaran itu sudah disampaikan ke sejumlah petugas di dan pejabat Lapas Abepura beberapa waktu lalu.

"Kami sudah mendapat imbauan open hause (pembukaan) Lapas selama satu hari saat awal lebaran. Pada prinsipnya pihaknya siap menjalankan imbauan itu," ujar Johan.

Tujuan open hause itu sebenarnya memberikan kesempatan kepada warga beragama muslim untuk bersilahturahmi dengan sanak saudara dan keluarganya yang ditahan. "Kami harap momen ini dimanfaatkan dengan baik untuk berbagi kasih," ujarnya.

Ia menambahkan, para petugas Lapas juga akan bersilahturami dengan warga binaan. Masyarakat yang beragama nasrani juga dipersilakan datang bersilahturami membangun tali persaudaraan dengan kerabatnya.

(KR-MUS/N005)

Pewarta: Musa Abubar
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014