Jakarta (ANTARA News) - Warga Jakarta Timur, Minggu malam, memadati "pasar tumpah" di sepanjang Jalan Urip Sumoharjo hingga Stasiun Jatinegara menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1435 H yang jatuh pada Senin (28/7).

Pantauan Antara di sepanjang Jalan Urip Sumoharjo hingga stasiun Jatinegara, Jakarta Timur, terlihat ribuan warga yang memilih untuk mengisi malam takbiran dengan berbelanja berbagai kebutuhan Lebaran.

Para pedagang di "pasar tumpah" tersebut menawarkan berbagai kebutuhan lebaran seperti pakaian, sepatu, sandal, kue dan lainnya.

Kerumunan warga di pasar tumpah itu berimbas pada kemacetan di ruas jalan tersebut mengingat parkir kendaraan pengunjung pasar dilakukan di badan jalan sekalipun tampak aparat berusaha mengatur arus lalu lintas.

Salah seorang pedagang pakaian muslim,Safril mengatakan, "pasar tumpah" merupakan agenda tahunan dalam menyambut Idul Fitri.

"Pasar murah ini dimulai pukul 18.00 hingga 03.00 WIB, sehingga pengunjung leluasa membeli pakaian muslim untuk lebaran nanti," katanya.

Safril mengatakan, kegiatan "pasar tumpah" tahun ini lebih besar dibanding tahun lalu yang digelar di dalam kawasan Pasar Jatinegara.

"Untuk sementara jalur bus way ditutup agar pengunjung tidak was-was untuk berbelanja kebutuhan lebaran," ujarnya.

Hal senada disampaikan oleh pedagang sepatu dan sandal,Andri yang mengatakan penjualan sepatu dan sandal mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya.

"Barang yang ditawarkan berkualitas dan harga yang ditawarkan cukup murah sehingga pengunjung tidak terlalu terbebani untuk membeli kebutuhan lebaran," katanya.

(G003/A011)

Pewarta: Aprionis
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014