Merak (ANTARA News) - Pelabuhan Merak, Banten, pada H-1 Lebaran, Minggu, lengang dari antrean pemudik pejalan kaki dan pengguna kendaraan dibandingkan H-3 atau Jumat lalu yang terjadi antrean kendaraan hingga empat kilometer.

"Kami memperkirakan sampai Hari Raya Idul Fitri kondisi pelabuhan lengang, dan sepi penumpang," kata Manager Operasional PT ASDP Merak Nana Sutisna di Merak, Minggu.

Ia mengatakan saat ini Pelabuhan Merak terlihat lengang dan beberapa kendaraan yang berada di dermaga langsung naik ke atas kapal "roll on roll of" atau Ro-Ro yang bersandar di Pelabuhan Merak.

Begitu pula pemudik pejalan kaki hanya beberapa orang saja yang membeli tiket penyeberangan.

Meskipun pemudik lengang, tetapi kapal Ro-Ro yang beroperasi sebanyak 28 armada.

"Kami tetap mengoperasikan 28 kapal guna mengatasi lonjakan penumpang," katanya.

Menurut dia, saat ini perjalanan dan penyeberangan Merak-Bakauheni, Lampung lancar dan tidak ada hambatan maupun kendala.

Bahkan, cuaca di Perairan Selat Sunda membaik dengan gelombang mencapai 0,6 meter serta tiupan angin 11 knot.

"Kami terus mengoptimalkan pelayanan untuk memberikan kenyamanan dan keselamatan," katanya.

Berdasarkan pantauan, beberapa kendaraan yang masuk ke dermaga Pelabuhan Merak bisa langsung diseberangkan ke Pulau Sumatera tanpa antrean maupun kepadatan kendaraan.

"Kami mengimbau pemudik pada arus balik nanti sebaiknya berangkat siang hari guna mengatasi antrean dan kemacetan kendaraan," katanya.

(KR-MSR/M008)

Pewarta: Mansyur
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014