Jakarta (ANTARA News) - Ratusan sepeda motor yang diparkir di sekeliling air mancur Bundaram Hotel Indonesia ditertibkan oleh personel gabungan Polda Metro Jaya pada malam takbiran Idul Fitri 1435 Hijriah, Minggu malam.

Sebelum personel polisi diterjunkan langsung, mobil Layanan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) Polda Metro Jaya telah mengelilingi lokasi dan mengimbau pengunjung untuk memindahkan motor mereka.

Ratusan warga telah memadati kawasan Bundaran HI pada Minggu malam sejak pukul 20.00 WIB, dan umumnya sepeda motor yang mereka bawa diparkir di ruas jalan di sekeliling air mancur Bundaran HI.

Namun karena mereka tak segera memindahkan sepeda motor ke tempat lain, personel gabungan Polda Metro Jaya mulai mendatangi warga yang duduk-duduk di tepi air mancur.

"Ini kan ruas jalan yang untuk memutar, jadi kalau parkir sembarangan dibiarkan akan mengganggu lalu lintas," kata Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Pol Restu Budianto.

Menurut Restu, selalu terjadi proses percontohan dari masyarakat dalam peristiwa-peristiwa yang mengundang keramaian, seperti malam takbiran atau malam Tahun Baru.

"Masyarakat yang baru datang, mencontoh apa yang dilakukan orang yang datang sebelum mereka. Jika dibiarkan jadi tidak tertib," kata Restu.

Dirlantas menambahkan, personel gabungan dari Polda Metro Jaya akan terus berjaga di kawasan Bundaran HI hingga masyarakat yang berkumpul meninggalkan tempat.

"Ada 80 personel di sini (Bundaran HI), kalau masyarakat di sini sampai pagi, ya kita di sini 24 jam," kata dia.

Sebelumnya pada Minggu petang, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin telah mengumumkan Idul Fitri 1 Syawal 1435 Hijriah jatuh pada Senin, 28 Juli 2014.

(A060)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014