Sleman (ANTARA News) - Malam takbiran di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, Minggu malam berlangsung aman dan kondusif serta tidak terjadi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat yang berarti.

"Hingga pukul 23.00 WIB ini tidak ada laporan kejadian yang menonjol terkait kegiatan takbir keliling di wilayah hukum Daerah Istimewa Yogyakarta," kata Kepala Bidang Humas Polda Daerah Istimewa Yogyakarta AKBP Anny Pudjiastuti.

Menurut dia, kegiatan takbir keliling di beberapa wilayah dapat berlangsung dengan aman dan lancar dan kondisi ini diharapkan dapat terus berlangsung hingga pelaksanaan shalat Id maupun selama liburan dan arus balik Lebaran 2014.

"Diharapkan kondisi yang kondusif ini tetap terjaga, termasuk juga keamanan di objek wisata pada saat libur lebaran dan pada saat arus balik nanti. Mudah-mudahan gangguan kamtibmas dan kasus kecelakaan lalu lintas dapat diminimalisir," katanya.

Sementara itu untuk pengamanan lebaran ini Polda DIY menyiapkan 31 titik pos arus mudik 2014 terdiri atas Pos Pengamanan (Pos Pam) dan Pos Pelayanan (Pos Yan) bagi pemudik.

"Seluruh pos akan bersiaga selama 24 jam dari H-7hingga H+7 lebaran," katanya.

Anny mengatakan, dari 31 titik pos terdiri dari 25 pos pam dan enam pos yan. Sejumlah pos pengamanan ada empat titik di Sleman, enam pos di Kota Yogyakarta lima pos di Bantul, di Gunung Kidul enam titik dan empat titik pos pengamanan di Kulon Progo.

"Sedangkan pos pelayanan di Sleman ada dua titik dan di Kota Yogyakarta, Bantul, Gunung Kidul serta Kulon Progo masing-masing ada satu titik," katanya.

(V001/M009)

Pewarta: Victorianus SP
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014