Yogyakarta (ANTARA News) - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X akan menggelar "open house" Lebaran 2014 di Bangsal Kepatihan Yogyakarta pada 4 Agustus 2014.

"Open house itu akan dimulai pukul 10.00 WIB. Warga diperkenankan hadir dalam acara tersebut untuk berhalalbihalal dengan Sultan," kata Kepala Bagian Humas Biro Umum, Humas, dan Protokol Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Iswanto di Yogyakarta, Minggu.

Menurut dia, "open house" itu digelar bersamaan dengan hari pertama masuk kerja pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah DIY setelah menjalani cuti bersama dan libur Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriah.

"Dalam open house itu direncanakan Sultan akan didampingi istri Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas dan Wakil Gubernur DIY Paku Alam IX untuk menerima jabat tangan dari warga," katanya.

Ia mengatakan warga DIY yang akan berhalalbihalal dan berjabat tangan dengan Sultan dimohon berpakaian rapi, sopan, dan diharapkan tidak memakai sandal jepit dan kaus oblong.

"Warga bisa datang sebelum acara dimulai agar bisa antre di barisan paling depan. Warga diharapkan antre secara rapi," kata Iswanto.

Menurut dia, warga maupun pegawai diimbau apabila membawa tas dapat dititipkan kepada petugas agar tidak mengganggu saat berjabat tangan dengan Sultan.

"Dalam open house itu disediakan bermacam hidangan khas Yogyakarta seperti seperti bakso, soto, bakmi, dan aneka jenang," katanya.

Selain menggelar "open house", kata dia, Sultan juga mengadakan "syawalan" atau silaturahmi dengan para pejabat di lingkungan Pemerintah DIY pada 11 Agustus 2014, pegawai dan pejabat Pemerintah Kabupatan (Pemkab) Bantul (19/8).

"Selain itu juga dengan pegawai dan pejabat Pemkab Sleman pada 20 Agustus 2014, Pemkab Gunung Kidul (25/8), Pemkab Kulon Progo, dan abdi dalem keprajan (27/8)," katanya.

(B015/M008)

Pewarta: Bambang Sutopo Hadi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014