Jakarta (ANTARA News) - Beberapa pusat perbelanjaan atau mall di kawasan Ibu Kota Jakarta akan tetap buka pada Hari Raya Idul Fitri, Senin (28/7), mulai pukul 12.00 WIB.

Pengelola Mall Grand Indonesia (GI) di Jakarta Pusat telah memasang pengumuman di sudut-sudut pertokoan dan juga menginformasikan melalui pengeras suara, Minggu malam (27/7).

Pengelola juga mengumumkan jam tutup mall pada Idul Fitri sama seperti hari biasa yaitu pada pukul 22.00 WIB.

Meskipun demikian, menurut petugas bagian informasi GI, Syaiful, banyak toko di dalam mall yang akan tutup saat Lebaran dan secara terpisah memasang pengumuman di depan pintu.

"Secara umum, mall tetap buka, tapi jika ada tenant (penyewa) yang tutup, mereka memasang pengumuman sendiri di depan toko," kata dia.

Demikian juga pusat perbelanjaan Plaza Indonesia (PI), akan beroperasi mulai pukul 12.00 WIB hingga 22.00 WIB pada hari pertama Lebaran, Senin (28/7).

Namun pada malam takbiran, Minggu malam (27/7), PI tutup pada pukul 20.00 WIB sebagai antisipasi keramaian yang terjadi di sekitar Bundaran Hotel Indonesia (HI).

"Sebagai antisipasi orang-orang yang berkumpul di Bundaran HI untuk takbiran," kata seorang petugas keamanan HI, Satria.

Sebelumnya pada Minggu petang, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin telah mengumumkan Idul Fitri 1 Syawal 1435 Hijriah jatuh pada Senin, 28 Juli 2014.

(A060/B013)

Pewarta: Azizah F
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014