Banda Aceh (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika mengingatkan warga untuk mewaspadai potensi angin kencang di sejumlah daerah di Provinsi Aceh.

"Perlu diwaspadai potensi angin kencang di Kabupaten Aceh Jaya, Aceh Barat, Kota Banda Aceh dan Sabang, terutama pada sore dan malam hari," kata Kasi Data dan Informasi BMKG stasiun Blang Bintang Zakaria di Banda Aceh, Minggu.

Didampingi prakirawan BMKG Jaya Martuah Sinaga, di menjelaskan perkiraan cuaca di provinsi ujung paling barat Indonesia itu berlaku hingga 29 Juli 2014.

Zakaria juga menyebutkan, tinggi gelombang diperairan laut sebelah barat dan selatan Aceh antara satu hingga dua meter. Sementara diperairan laut Banda Aceh dan Sabang berkisar 1,5 sampai 2,5 meter.

Khusus untuk rute penyeberangan Banda Aceh-Sabang diimbau untuk berhati-hati terutama bagi kapal kecil atau nelayan tradisional.

Pada umumnya, Zakaria menjelaskan keadaan cuaca di sebagian wilayah Aceh hujan ringan hingga sedang yang diperkirakan terjadi untuk beberapa hari mendatang.

Sementara angin ketinggian permukaan mencapai 3.000 feat umumnya bertiup dari arah barat daya dengan kecepatan antara 10 sampai 40 kilometer/jam. (A042/M009)

Pewarta: Azhari
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014