... permintaan dari masyarakat dan birokrasi di sini untuk merayakan Lebaran terakhir di sini. Mereka lho yang ngomong ini terakhir, bukan saya... "
Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi), merayakan Idul Fitri 1435 Hijriah bersama keluarga besar pegawai Pemerintah Provinsi DKI dan DPRD setempat sebelum dilantik sebagai presiden ketujuh Indonesia, pada 20 Oktober mendatang.

"Ini permintaan dari masyarakat dan birokrasi di sini untuk merayakan Lebaran terakhir di sini. Mereka lho yang ngomong ini terakhir, bukan saya," kata Jokowi, di Balaikota Jakarta, Senin.

Meski berbeda dengan tahun lalu, di mana Jokowi shalat Ied di Masjid Istiqlal dan silaturahmi terbuka (open house) di rumah dinas gubernur DKI Jaya, di Taman Surapati No 7, Jakarta Pusat, dan sekarang semua dilakukan di Balaikota, Jokowi mengaku tidak ada yang berbeda dari Lebaran kali ini.

Jokowi dan istri, Iriana Widodo, shalat Ied di selasar Balaikota sekitar pukul 07.00 WIB. Usai shalat, Jokowi dan istrinya yang kompak mengenakan busana muslim serba putih, kembali ke dalam Aula Balai Kota untuk menikmati hidangan khas Lebaran seperti ketupat lebaran, opor ayam, soto betawi dan semur.

Sementara itu, di selasar depan Balai Kota, antrian warga yang hendak bersilaturahmi dengan Sang Presiden Terpilih itu sudah mengular. Mereka harus melalui sejumlah pemeriksaan keamanan yang ketat sebelum masuk ke dalam aula Balaikota.

Pengamanan di Balaikota begitu ketat. Terdapat dua metal detektor di depan pintu gerbang halaman balai kota. Setiap warga yang hendak masuk wajib diperiksa melalui alat ini. Sejumlah polisi juga berlalu-lalang di sekitar gedung.

Sebelumnya, Jokowi dan Iriana melewtkan hari-hari menjelang Lebaran di kampung halamannya, Solo, Jawa Tengah. Keduanya bertolak ke Jakarta kemarin sore seusai bersilaturrahmi dengan sanak keluarga.

Usai silaturahmi terbuka, Jokowi akan mengunjungi beberapa tokoh politik senior, di antaranya Ketua Umum PDI P, Megawati Soekarnoputri, dan Surya Paloh.

"Nanti setelah ini kita akan mengunjungi senior semua ke Ibu Mega dan Pak Surya Paloh, mungkin juga nanti ke istana," kata Jokowi.

Besok, Jokowi baru akan merayakan Lebaran bersama keluarga di Solo, Jawa Tengah.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014