... jadi luar biasa... "
Jakarta (ANTARA News) - Ketua DPR, Marzuki Alie, menyatakan, salah satu penyebab Pemilu Presiden 2014 berjalan aman dan damai karena bersamaan dengan bulan suci Ramadhan.

"Bersyukur Pemilu Presiden kita ini pada saat Ramadhan. Berhadapan langsung dirasakan sangat keras, tapi saat Ramadhan sering berbalik dengan kebiasaan sehari-hari, yang tadinya suka marah, marahnya hilang, tidak disiplin maka menjadi disiplin," katanya.

"Karena itu Ramadhan diturunkan setahun sekali, jadi luar biasa," ujar Alie, di Jakarta, Senin.

Menurut dia, Idul Fitri artinya kembali dalam keadaan suci. Tidak ada lagi rasa benci maupun permusuhan.

"Mari jadikan momentum Idul Fitri saling memaafkan atas semua kesalahan dan mulai kembali dalam keadaan suci," ujar dia.

Ia mengutarakan sejak menjadi Ketua DPR selama lima tahun ini dirinya selalu merayakan Lebaran hari pertama di Jakarta. "Padahal saya selalu sungkem kepada orangtua setelah melaksanakan shalat Idul Fitri," katanya.

"Lebaran pertama setelah shalat Idul Fitri saya pasti sungkem orangtua, tetapi sejak saya menjadi ketua DPR saya merayakan Lebaran pertama di Jakarta. Kari pertama lebaran, menerima masyarakat, pejabat-pejabat lain maka selama selama tahun ini hari pertama saya di Jakarta dan hari kedua saya balik ke kampung," kata dia.

Pewarta: Azis Kurmala
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014