Belum dibicarakan
Jakarta (ANTARA News) - Ketua DPP Hanura, Wiranto, mengatakan belum ada pembicaraan terkait nama-nama yang akan masuk dalam susunan kabinet dibawah pemerintahan presiden terpilih dan wakil presiden terpilih periode 2014-2019, Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla (JK).

Sejumlah tokoh partai politik yang tergabung dalam koalisi pengusung presiden dan wakil presiden terpilih Jokowi-JK terlihat bergantian mendatangi kediaman Ketua Umum Partai Demokrasi Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri di Jalan Teuku Umar nomor 27A, Menteng, Jakarta Pusat, Senin.

Namun menurut Wiranto, Megawati yang sebenarnya tidak menggelar "open house" itu sibuk melayani tamu yang terus berdatangan.

"Belum dibicarakan," kata Wiranto saat ditanya mengenai sosok yang akan mengisi susunan kabinet.

Belum bincang-bincang sama Bu Mega. Tadi masih sibuk sama yang salaman," tambahnya sebelum meninggalkan kediaman Megawati.

Menurut mantan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Republik Indonesia itu, pembagian pos menteri oleh Jokowi-JK bukan sekedar bagi-bagi jatah partai namun akan berdasarkan syarat kualitasnya.

"Dari dulu dengan Bu Mega, Jokowi, dan JK, kita bicara kualitas, kredibilitas, dan profesionalisme. Tetapi belum ada pembicaraan saat ini," tegas mantan panglima TNI itu.

Ia pun tidak menampik bahwa salah satu kader dari partainya bisa berpeluang besar mengisi jajaran menteri dibawah pemerintahan Jokowi-JK.

Wiranto dan istrinya Rugaiya Usman Wiranto menyambangi kediaman Megawati setelah berkeliling ke sejumlah tempat termasuk ke rumah Jusuf Kalla di Jalan Brawijaya nomor 6, Jakarta. Setelah bersilaturahmi dengan JK yang menggelar open house, Wiranto langsung menuju kediaman Jokowi di Taman Surapati nomor 7, Menteng, Jakarta Pusat, Senin.

Tidak lama kemudian, JK dan istrinya Mufidah Jusuf Kalla, menyusul ke rumah dinas Jokowi tersebut.

Pewarta: Monalisa
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014