Bandung (ANTARA News)- Panitia Besar PON XIX/2016 Jawa Barat mulai mendistribusikan patung maskot "Surili" ke 32 KONI provinsi di Indonesia dalam melakukan sosialisasi pesta olahraga empat tahunan itu.

"Patung maskot Surili sebagian sudah dibuat dan didistribusikan ke KONI provinsi di Indonesia, pengiriman dilakukan bertahap. Demikian juga boneka Surili sudah mulai diperkenalkan saat kunjungan ke daerah lain," kata Ketua I PB PON XIX/2016 Ahmad Hadadi di Bandung, Selasa.

Ia menyebutkan, patung Surili sudah dibuat dengan bahan dari fiberglass yang dibentuk maskot PON 2016 itu lengkap dengan warna dasar coklat seperti warna asli bulu primata khas Jabar itu.

Patung Surili memiliki tinggi sekotar 160 centimetet yang dibuat tengah berdiri di atas posium. Maskot Surili itu dibuat tengah tersenyum menyapa siapapun yang melintas.

"Pembuatan patung maskot selalu dilakukan, maksudnya untuk sosialisasi," kata Hadadi yang juga Assisten Kesejahteran Sosial Setda Pemprov Jabar itu.

Salah satu patung Surili sudah dipajang di lobi Sekretariat KONI Jawa Barat di Jalan Pajajaran Kota Bandung. Surili berdiri di salah satu sudut ruangan depan bangunan berlantai tiga itu menyapa para tamu KONI Jabar.

Bagian kepala maskot itu dililit ikat kepala khas Jawa Barat serta bersarung selutut khas daerah itu.

Selain mendistribusikan patung maskor PON XIX/2016, juga dilakukan sosialisasi logo PON 2016 yakni berbentuk kujang.

"Sosialisasi dilakukan dengan memasang spanduk dan baligo sosialisasi PON 2016 di sejumlah ibu kota provinsi di Indonesia. Sudah dilakukan sejak beberapa waktu lalu," kata Hadadi menambahkan.

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014