... jalan, yang sudah diperbaiki sehingga jarak tempuh menjadi pendek dari Cianjur kota ke pantai ini hanya empat jam, paling lama... "
Cianjur, Jawa Barat (ANTARA News)- Hari kedua Lebaran 2014, sejumlah tempat wisata di Pantai Selatan Cianjur, Jabar, mulai dipadati pengunjung yang sebagian besar pemudik yang menghabiskan waktu libur hari raya.

Sebagian besar pengunjung datang mengunakan kendaraan roda dua bernomor registrasi Bandung (D), Jakarta (B), dan Bogor (F). Diperkirakan kunjungan ke sejumlah pantai di selatan Cianjur itu, akan meningkat tajam pada H+3 dan H+4.

"Memasuki hari kedua Lebaran ini, jumlah pengunjung mulai meningkat. Untuk hari ini jumlah pengunjung diperkirakan 300 orang," kata Hadi salah seorang petugas tiket, di Pantai Jayanti, Selasa.

Dia menuturkan, menjelang sore pihaknya memperkirakan angka kunjungan 700 orang. Setiap tahun, ungkap dia, angka kunjungan ke pantai itu meningkat karena infrastruktur pendukung dan jumlah wahana permainan dibenahi.

"Sarana paling mendukung yaitu jalan, yang sudah diperbaiki sehingga waktu tempuh dari kota Cianjur ke pantai ini hanya empat jam, paling lama," ucapnya.

Sedangkan dari Kabupaten Bandung dan Garut, tambah dia, pengunjung hanya menghabiskan waktu antara dua dan tiga jam. Sebelumnya dari kedua arah pengunjung harus menempuh waktu hingga enam jam untuk sampai ke pantai yang menyajikan keasrian itu.

Hal sama terjadi di Kebun Raya Cibodas dan Taman Bunga Nusantara, meskipun peningkatan pengujung belum signifikan, namun angka kunjungan terus meningkat sementara angka kunjungan 12.000 orang terjadi pada tahun lalu.

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014