... antrian mulai memanjang dan tidak bergerak, dibuka-tutup. Sejak H-3 antrian padat menuju arah Bandung, sedangkan dari Bandung merayap... "
Cianjur, Jawa Barat (ANTARA News) - Antrian panjang terjadi pada jalur menuju Bandung dari Cianjur, Jawa Barat, Selasa siang, terutama mulai dari Jalan Tungturunan-Ciranjang.

Faktor utama penyebab antrian padat itu, kata Kepala Pos Pengamanan X, AKP A Supriyatna, aktivitas warga yang tinggi di Pasar Ciranjang, yang ada di jalur itu, sehingga arus kendaraan tersendat.

Untuk memutus rantai kemacetan, polisi terpaksa membuka-tutup arus kendaraan menjadi satu arah dengan melihat kondisi panjang antrian dari kedua arah.

"Kami lihat kondisi dan situasi. Ketika antrian mulai memanjang dan tidak bergerak,  dibuka-tutup. Sejak H-3 antrian padat menuju arah Bandung, sedangkan dari Bandung merayap," katanya.

Dia menjelaskan, hingga hari kedua Lebaran, polisi hanya bisa membuka-tutup satu arah secara bergantian, terutama bagi pengendara tujuan Bandung karena tidak ada solusi jalur alternatif.

Polisi mengimbau penguna jalan tujuan Cianjur dari arah Bogor, mengunakan jalur alternatif Hanjawar tembus Pacet, guna menghindari terjebak macet di depan Pasar Cipanas sejak pagi.

"Namun kami imbau penguna jalan waspada karena selain landasan jalan berlubang, terdapat tebing di sepanjang jalur itu rawan longsor," katanya.

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014