... dia memeluk Hashmat, ia meledakkan bahan peledak dan menewaskan dia... "
Kandahar, Afganistan (ANTARA News) - Hashmat Karzai, sepupu Presiden Afghanistan yang akan mengakhiri masa jabatannya, Hamid, Karzai, tewas dalam serangan bom bunuh diri, di dekat kota Kandahar, Selasa

Hashmat Karzai adalah manajer kampanye di Kandahar bagi Ashraf Ghani, salah satu dari dua calon pemilihan presiden yang terlibat dalam perseteruan sengit mengenai kecurangan pemilu dan mengancam negeri itu dalam suasana yang lebih buruk.

Hashmat Karzai yang dikenal memiliki peliharaan seekor singa, terbunuh seorang pria yang membawa bahan peledak tersembunyi di balik sorban, ketika datang sebagai tamu untuk merayakan Lebaran.

"Seorang pengebom bunuh diri berkunjung sebagai tamu di rumah Karzai untuk memberi ucapan selamat Lebaran," kata Dawa Khan Minapal, juru bicara gubernur Kandahar kepada AFP.

"Setelah dia memeluk Hashmat, ia meledakkan bahan peledak dan menewaskan dia."

Ghani dan pemimpin oposisi Abdullah Abdullah berseteru mengenai hasil pemilihan presiden dengan saling menuduh adanya kecurangan besar.

Ghani memenangkan pemungutan suara menurut hasil penghitungan awal, tetapi audit suara dilakukan kemudian setelah Abdullah menolak kekalahan karena mengaku dicurangi.

Audit itu memicu keluhan dari kedua belah pihak dan dikhawatirkan negara akan riskan mengalami perpecahan dalam kekerasan antarsuku seperti yang terjadi pada perang saudara tahun 1992-1996.

Hashmat Karzai semula bekerja untuk Qayyum Karzai, saudara laki-laki Presiden, kemudian pindah mendukung Ghani ketika Qayyum mengundurkan diri dari pemilihan.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014