Hari ketiga Idul Fitri ini jumlah wisatawan sudah mulai membludak terhitung dari Pantai Ujunggenteng, Kecamatan Ciracap sampai Pantai Cibangban, Kecamatan Cisolok
Sukabumi (ANTARA News) - Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat  menyelamatkan empat orang wisatawan yang tenggelam saat sedang berenang di Pantai Ujunggenteng dan Palabuhanratu.

"Informasi yang masuk ke kami sampai saat ini sudah empat orang wisatawan yang tenggelam tetapi berhasil di selamatkan oleh petugas Balawista yang bersiaga di sepanjang garis pantai," kata Kepala Humas dan Infokom Balawista Kabupaten Sukabumi, Dede Sumarna kepada Antara, Rabu.

Informasi yang dihimpun dari anggota Balawista Kabupaten Sukabumi, empat wisatawan itu antara lain Rehan (11) dan Ali (18) warga Cimahi, Bandung.

Keduanya mengalami kecelakaan laut atau tenggelam di Pantai Istiqomah, Palabuhanratu. Korban lainnya, Erif dan Wanda warga Sukabumi yang tenggelam di Pantai Minajaya, Ujunggenteng. Mereka diselamatkan oleh petugas penjaga pantai.

"Hari ketiga Idul Fitri ini jumlah wisatawan sudah mulai membludak terhitung dari Pantai Ujunggenteng, Kecamatan Ciracap sampai Pantai Cibangban, Kecamatan Cisolok," katanya.

Dengan tingginya jumlah pengunjung ke objek wisata laut selatan Sukabumi ini pihaknya menyiagakan 80 anggotanya yang berjaga di sepanjang garis pantai dan delapan orang di posko.

Dalam pengamanan arus wisatawan ini, ia dibantu oleh anggota SAR dari Polres Sukabumi, TNI AL, Basarnas Pos Sukabumi, Forum Komunikasi SAR Daerah (FKSD), Tagana dan relawan lainnya.

Ia memperketat pengamanan di seluruh titik berkumpulnya wisatawan yang terngah berwisata di laut, bahkan melontarkan imbauan melalui alat pengeras suara agar wisatawan tidak terlalu tengah saat bermain di pantai.

"Untuk saat ini jumlah wisatawan sudah padat, bahkan hampir seluruh titik objek wisata laut dipadati pelancong yang datang dari berbagai daerah," katanya.

Pewarta: Aditya A Rohman
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014