Koba (ANTARA News) - Harga tiket pesawat pada H+2 dan H+3 Lebaran di Bandar Udara Depati Amir, Kota Pangkalpinang, untuk penerbangan menuju Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten, turun drastis.

"Harga tiket pada Rabu (30/7) dan Kamis (31/7) hanya sekitar Rp600 ribu, jauh lebih murah dibanding sebelumnya yang hampir mencapai Rp1 juta per orang," kata Arif, seorang penumpang pesawat di Koba, Rabu.

Ia menjelaskan, harga tiket untuk semua maskapai penerbangan di Bandar Udara Depati Amir kembali melonjak pada tanggal 3 dan 4 Agustus 2014 karena merupakan puncak arus balik Lebaran.

"Saya terus memantau pergerakan harga tiket secara online, pada 3 dan 4 Agustus harganya mencapai Rp900 ribu lebih atau hampir mencapai Rp1 juta untuk semua penerbangan," ujarnya.

Namun untuk penerbangan untuk 3 Agustus sudah full booking karena diperkirakan hari itu merupakan puncak arus balik.

Di Bandara Depati Amir, arus penumpang pada Rabu (30/7) tidak terlalu ramai dan kemungkinan jumlah penumpang akan melonjak pada 1 Agustus saat memasuki musim arus balik.

Demikian juga arus penumpang di Pelabuhan Pangkalbalam, Kota Pangkalpinang dan Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok, Bangka Barat masih terlihat sepi penumpang.

Puncak arus mudik Lebaran di dua pelabuhan besar tersebut terjadi pada H-2 Lebaran dan diperkirakan lonjakan penumpang akan terjadi pada H+5 dan H+6.

"Namun arus balik diperkirakan tidak sepadat arus mudik Lebaran Idul Fitri karena sebagian pemudik sudah memilih balik pada 30 dan 31 Juli 2014," kata Andi, warga Pangkalpinang.

Sebagian pemudik memilih balik lebih awal untuk menghindari macet di jalan dan berdesak-desakan di pelabuhan penyebarangan.

"Selain itu, bagi mereka yang menggunakan pesawat tentu harga tiket lebih murah pada 30 dan 31 Juli 2014 karena belum memasuki arus balik," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putrantan
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014