Jakarta (ANTARA News) - Arus balik di Terminal Pulogadung, Jakarta Timur, pada H+2 atau Rabu masih sepi dengan jumlah penumpang tiba hanya 589 orang diangkut dengan 143 bus.

"Dibandingkan H+2 Idul Fitri 1434H, suasana arus balik tahun ini masih relatif sepi. Pada H+1 Lebaran tahun lalu jumlah penumpang yang tiba di Terminal Pulogadung 4.125 penumpang, diangkut 172 armada bus," kata Kepala Terminal Bus AKAP Pulogadung, Muhammad Arafat, Rabu.

Menurut dia, masih sepinya suasana di Terminal Pulogadung pada H+2 ini dikarenakan masa libur Lebaran tahun ini lebih panjang.

"Waktu liburan Lebaran masih panjang, warga juga mungkin belum berpikir untuk balik ke ibu kota. Kemudian bus-bus pada istirahat," katanya.

Ia memprediksi puncak arus balik Lebaran 2014 di Terminal Bus Pulogadung akan terjadi Jumat (1/8) atau Sabtu (2/8) mendatang, karena sebagian besar warga akan mulai bekerja pada Senin (4/8).

"Prediksi kami untuk puncak arus balik secara besar-besaran baru akan terjadi pada H+4 dan H+5, karena sebagian besar warga sudah mulai beraktivitas kembali pada hari Senin," kata dia.

Selain itu, pihaknya juga memprediksi jumlah penumpang pada puncak arus balik Lebaran 2014 akan meningkat lima persen dibandingkan tahun lalu karena kondisi terminal yang sudah lebih baik.

"Tahun lalu itu, jumlah penumpang arus baliknya mencapai 9.500 orang. Memang ini kan terminal utama, orang cenderung untuk memilih ke terminal utama baru menuju ke tempat tujuannya," kata Arafat.

Hingga pukul 12.30, di terminal kedatangan Pulogadun, hanya terlihat sekitar sembilan bus antarkota antaraprovinsi terparkir, bus-bus tersebut membawa penumpang dari Jabar, Jatim dan Jateng.

Pihaknya menambahkan, untuk puncak arus balik Lebaran 2014 di Terminal Pulogadung terjadi pada Jumat (26/7).

"Untuk puncak arus mudik sendiri, jumlah penumpang yang diberangkatkan dari Terminal Pulogadung sebanyak 4583 penumpang, yang diangkut oleh 156 bus," katanya.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014