Cianjur (ANTARA News) - Tingkat hunian hotel di kawasan Puncak Cipanas, Cianjur, Jawa Barat, meningkat sejak menjelang Hari Raya Idul Fitri 1435 H, bahkan sejumlah hotel di kawasan Cipanas sudah terisi penuh sejak dua hari menjelang Lebaran.

"Hari ini hanya beberapa kamar saja yang tersisa dari ratusan kamar yang kami miliki. Sejak sepekan terakhir, kamar yang ada telah terpesan hingga 70 persen dari ratusan kamar yang ada," kata Dadeng, salah seorang staf  hotel berbintang tiga di Jalan Raya Cipanas, Rabu.

Dia menjelaskan, tingkat pemesanan mulai meningkat sejak satu bulan sebelum puasa dan terus meningkat satu pekan menjelang hari raya. Sebagian besar pendatang warga keturunan dari berbagai wilayah di Jabodetabek.

Untuk hari ini, lanjutnya, kami mengarahkan tamu ke hotel lain karena kamar sudah terisi. Kamar yang tersisa ukuran kecil dengan double bed, itupun tinggal beberapa kamar saja.

Sementara sejumlah penginap, yang sebagian besar warga keturunan, mengaku sengaja tinggal di hotel selama libur Idul Fitri karena pembantu rumah tangganya pulang kampung selama satu minggu.

"Pembantu pulang kampung, kami memilih diam di hotel sambil menikmati libur panjang hari raya," kata Steven (36), warga Jakarta Timur, penghuni salah satu kamar hotel.

Kondisi yang sama dialami sejumlah hotel kelas melati yang banyak terdapat di sepanjang Jalur Puncak-Cianjur. Sebagian besar pengelola mengaku terpaksa menolak calon penghuni karena sudah tidak memiliki kamar kosong.

"Hari ini dari 58 kamar semua terisi penuh sampai tanggal 2 Agustus. Kami banyak mengarahkan pendatang ke vila yang disewakan karena untuk kamar hotel sudah terisi penuh," kata Ardi, staf fron office hotel melati di Jalan Raya Pasekon.

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014