... puasa, zakat fitrah dan Idul Fitri dapat memberi dampak langsung bagi kehidupan sehari-hari... "
Jakarta (ANTARA News) - Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, Slamet Effendy Yusuf, mengatakan, bangsa Indonesia memerlukan warga yang memiliki sifat kemanusiaan yang orisinal dan otentik, termasuk dalam menyikapi masalah kebangsaan dan kenegaraan kita.

"Khususnya terhadap kondisi bangsa yang baru saja dipenuhi pergulatan politik yang keras, sifat kemanusiaan orisinal dan otentik sangat diperlukan," kata dia, melalui pesan singkat diterima di Jakarta, Rabu.

Dia mengatakan, sifat kemanusiaan orisinal dan otentik yaitu peduli sesama, jujur, bersikap adil dan selalu berbuat kebajikan bagi kepentingan lebih besar.

Terinspirasi hubungan puasa, zakat fitrah, dan Idul Fitri, seharusnya umat Islam mampu menjadi pelopor bagi hubungan antarwarganegara yang didasari oleh sifat kemanusiaan yang orisinal dan otentik tersebut.

Dia mengatakan, umat Islam diharapkan dapat merekatkan kembali persaudaraan sesama umat, sesama anak bangsa dan sesama umat manusia.

"Sehingga puasa, zakat fitrah dan Idul Fitri dapat memberi dampak langsung bagi kehidupan sehari-hari, khususnya guna mendorong kerukunan nasional meliputi rekonsiliasi di akar rumput," tuturnya.

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014