... didominasi tujuan Jakarta melalui Stasiun Pasar Turi... "
Surabaya (ANTARA News) - Tiket kereta api untuk arus balik Lebaran 2014 di wilayah Daerah Operasi VIII Surabaya, Jawa Timur, sudah habis terjual untuk berbagai tujuan, sejak keberangkatan Rabu hingga H+7 Lebaran atau 5 Agustus 2014.

"Seluruh rangkaian KA sudah penuh, kecuali tujuan Yogyakarta yang masih tersisa sedikit, sedangkan tujuan Jember dan Banyuwangi juga masih tersisa," kata Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi VIII Surabaya, Sumarsono, di Surabaya, Rabu.

Ia menjelaskan sejak H-7 Lebaran 2014 pada 21 Juli 2014 hingga Selasa (29/7) tercatat jumlah penumpang terbanyak pada Selasa (29/7) mencapai 33.800 penumpang dan terjadi peningkatan secara kumulatif sebesar 20 persen dibandingkan dengan Lebaran tahun lalu.

"Jumlah penumpang arus balik di wilayah Daop VIII Surabaya didominasi tujuan Jakarta melalui Stasiun Pasar Turi, sehingga kepadatan penumpang akan terjadi di sana selama beberapa hari ke depan," katanya.

Selama masa angkutan Lebaran, pihaknya menambah jam perjalanan enam kereta, yakni dua rangkaian KA di Stasiun Pasar Turi tujuan Jakarta, dua KA di Stasiun Gubeng tujuan Yogyakarta dan Bandung, serta dua KA di Stasiun Malang tujuan Jakarta.

"Penambahan jam perjalanan KA itu diharapkan dapat mengantisipasi lonjakan penumpang selama masa angkutan Lebaran 2014," katanya.

Ia mengatakan kereta tambahan untuk tujuan lokal, yakni KA Sarangan, Bima, Maharani, dan Probowangi, kemudian KA Bangunkarta yang biasanya hanya melayani Jakarta-Jombang, saat ini diperpanjang hingga Surabaya.

KA Bima yang sebelumnya hanya sampai Surabaya, selama Lebaran tahun ini diperpanjang hingga Malang dan KA Probowangi yang biasanya melayani rute Probolinggo-Banyuwangi diperpanjang hingga Surabaya.

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014