Semua kapal patroli itu nantinya mengawasi lokasi-lokasi wisata pantai yang dikunjungi wisatawan guna mencegah kecelakaan laut."
Anyer, Banten (ANTARA News) - Sebanyak 260 personil Kepolisian Resor Cilegon mengamankan lokasi wisata Pantai Anyer karena dipadati pengunjung dari berbagai daerah di Provinsi Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat.

"Kami memberikan pengamanan ini agar para wisatawan merasa aman di sejumlah lokasi wisata Pantai Anyer," kata Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Cilegon, Ajun Komisrias Besar Defrian Donimando, Rabu.

Ia mengatakan, pengamanan wisata Pantai Anyer merupakan prioritas yang harus dilaksanakan petugas kepolisian guna mengantisipasi kemacetan kendaraan juga kecelakaan laut.

Selain itu juga kecelakaan lalu lintas dan kejahatan konvensional.

Karena itu, pihaknya siaga selama 24 jam memberikan pengamanan bagi wisatawan yang menikmati lokasi wisata pesisir Pantai Banten bagian barat.

Pengamanan itu, kata dia, pihaknya mendapat bantuan dari Polda Banten sebanyak 100 personel juga mengerahkan 10 kapal patroli.

"Semua kapal patroli itu nantinya mengawasi lokasi-lokasi wisata pantai yang dikunjungi wisatawan guna mencegah kecelakaan laut," katanya.

Ia menyebutkan, pada H+3 Lebaran ribuan wisatawan dari berbagai daerah mengunjungi kawasan wisata Pantai Anyer dan Cinangka.

Mereka datang bersama anggota keluarga dengan menggunakan berbagai angkutan antara lain roda dua, roda empat, truk dan bus.

Bahkan, ruas jalan Ciwandan-Anyer terjadi antrean kendaraan hingga pukul 16.20 WIB.

Gelombang wisatawan akan terus berlanjut hingga puncak libur Lebaran Minggu (3/8). "Kami bekerja keras agar kondisi jalan menuju Pantai Anyer lancar dan tidak terjadi antrean panjang," katanya.

Sementara itu, sejumlah wisatawan Pantai Anyer mengatakan selama ini pesisir Pantai Banten bagian barat memiliki panorama cukup alami dan indah dengan gelombang tidak begitu besar sehingga bisa bermain jetsky, renang, selancar dan naik banana.

Selain itu juga harganya relatif murah dan terjangkau dibandingkan pergi ke Pantai Pangandaran maupun Bali.

"Kami dan teman-teman datang ke sini sudah tiga kali merayakan liburan Lebaran," kata Budi, warga Jakarta di Pantai Karang Bolong di kawasan Pantai Anyer.

Ia mengaku datang ke Pantai Anyer dengan rombongan pekerja untuk menikmati liburan Lebaran.

"Kami sangat senang wisata di pantai, selain melihat keindahaan panorama laut dengan deburan ombak juga tiupan angin kencang," katanya.

Begitu pula, Arman, seorang warga Bogor mengatakan dirinya datang ke kawasan Pantai Anyer bersama anggota keluarga dengan menggunakan kendaraan pribadi.

"Kami berangkat dari rumah pukul 09.00 WIB dan sampai di pantai Pasir Putih Anyer pukul 13.00 WIB," katanya. (*)

Pewarta: Mansyur
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014