London (ANTARA News) - Everton semakin dekat untuk mengumumkan perekrutan penyerang Romelu Lukaku dengan basis permanen dari sesama klub Liga Utama Inggris Chelsea, demikian dilaporkan media-media Inggris pada Rabu (Kamis WIB).

Press Association Inggris melaporkan bahwa Lukaku, yang menghabiskan musim lalu sebagai pemain pinjaman di Everton, akan menandatangani kontrak berdurasi lima tahun dan bergabung dengan transfer senilai 25 juta pound, lapor AFP.

Everton akan melakukan konferensi pers pada pukul 19.00 waktu setempat (18.00 GMT) pada Rabu (Kamis WIB), di mana Lukaku diperkirakan akan diperkenalkan ke media.

Pemain 21 tahun itu memberi pesan penuh makna pada akun Instagramnya pada Rabu pagi, dengan memasang foto dirinya bersama pesawat terbang disertai tulisan, "Saatnya untuk menulis babak baru..."

Lukaku menjadi pencetak gol terbanyak Everton pada musim lalu setelah mencetak 16 gol dari 33 penampilan, membantu pasukan Roberto Martinez untuk finis di peringkat kelima di Liga Utama Inggris.

Ia memperkuat Belgia di Piala Dunia, namun peluang-peluangnya untuk menembus tim inti Chelsea semakin mengecil dengan kedatangan Diego Costa dari Atletico Madrid dan kembalinya penyerang veteran Didier Drogba.

Martinez belakangan ini mengakui bahwa penyerang baru merupakan prioritas utamanya di bursa transfer.

"Kami jelas-jelas perlu memperkuat posisi nomor sembilan, penyerang, dan kemungkinan pemain menyerang lainnya," ucapnya.

"Kami tahu persis prioritas-prioritas kami dan nama-nama yang akan kami usahakan untuk mendapatkannya, namun mereka perlu untuk menjadi sangat sesuai."

"Setiap pemain yang datang perlu untuk menambahkan pada apa yang telah kami miliki. Kami tidak akan mendatangkan pemain-pemain demi kebaikan mereka. Itu akan menjadi (pemain-pemain) yang kami perlukan."

"Ruang ganti merupakan sesuatu yang istimewa dan kecemasan saya adalah memasukkan pemain yang dapat merusaknya."

Sebagai sosok yang dinilai dewasa sebelum waktunya, Lukaku melakukan debut profesionalnya untuk Anderlecht pada usia 16 tahun, dan menjadi pencetak gol terbanyak di Belgia dengan 15 gol pada musim 2009/2010 ketika timnya mengamankan gelar ke-30nya.

Setelah mencetak 16 gol pada musim berikutnya, ia bergabung dengan Chelsea pada 2010 dengan nilai transfer yang dilaporkan antara 10 sampai 17 juta pound.

Penyerang kidal bertubuh kekar ini melakukan 12 penampilan tanpa mencetak gol musim pertamanya di Stamford Bridge sebelum kemudian dipinjamkan ke West Bromwich Albion, di mana ia mencetak 17 gol dari 35 pertandingan liga pada musim 2012/2013.

Everton membuka perjalanan mereka di Liga Utama Inggris di markas tim promosi Leicester City pada 16 Agustus.


Penerjemah: A Rauf Andar Adipati

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014