PBB, New York (ANTARA News) - Wakil khusus sekretaris jenderal PBB untuk Somalia Nicholas Kay pada Rabu (30/7) menyambut baik kesepakatan untuk membentuk pemerintah regional di Somalia Tengah, kata Juru Bicara PBB Stephane Dujarric.

Di bawah pimpinan Pemerintah Federal Somalia, wakil dari wilayah itu menandatangai satu dokumen pada Rabu pagi. Dalam kesepakatan tersebut, mereka menyatakan akan bekerja sama ke arah pembentukan pemerintah di Somalia Tengah.

Penandatanganan tersebut disaksikan oleh utusan dan wakil senior dari Uni Afrika, Uni Eropa, Lembaga Antar-Pemerintah mengenai Pembangunan (IGAD) dan PBB, kata Xinhua. Kesepakatan itu berisi 11 pasal yang melicinkan jalan bagi pembentukan negara regional baru di Somalia Tengah, kata beberapa laporan.

"Kay menyebut tindakan ini sebagai langkah pertama dalam proses pembentukan negara bagian di Somalia Tengah dan tanda kemajuan di negeri tersebut ke arah tercapainya sasaran yang ditetapkan dalam Vision 2016 dan Provisional Federal Constitution," kata Dujarric, saat menyampaikan taklimat harian di Markas PBB, New York.

"Ia menambahkan bahwa PBB tetap berkomitmen untuk mendukung upaya pembangunan negara bagian dan pembangunan perdamaian oleh Pemerintah Federal," tambah juru bicara tersebut.

(Uu.C003)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014