Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 21 unit mobil pemadam kebakaran (damkar) Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (PB) Jakarta Pusat berhasil mengatasi kobaran api yang terjadi pada, Kamis di kawasan pemukiman padat di Kebon Kosong, Kemayoran, Jakarta.

"Kami dapat panggilan pukul 7.40, kebetulan sudah ada upaya warga untuk memadamkan api tapi gagal, kami langsung terjun ke lokasi dengan 21 unit mobil damkar dan pendukungnya, sekitar pukul sembilan api berhasil dipadamkan," kata perwira piket Suku Dinas Damkar PB Jakarta Pusat Sugeng.

Dari data yang dihimpun petugas damkar, kejadian tersebut tidak menelan korban jiwa namun telah menghanguskan 25 rumah yang dihuni 67 kepala keluarga dengan 209 jiwa.

"Informasi yang kami peroleh dari ketua RT setempat, api berasal dari sebuah rumah kosong yang ditinggal mudik, kebanyakan warga pada pulang kampung, kemungkinan besar karena hubungan arus pendek, karena banyak colokan listrik yang tidak dicabut," katanya.

Sugeng juga menambahkan dalam penanganan kejadian petugas pemadam sempat mendapat kesulitan ketika memasuki lokasi pemukiman tersebut.

"Dari kabar teman-teman tadi, ketika kami datang sempat mendapat halangan dari warga sekitar, namun setelah kami kasih pemahaman mereka memperbolehkan," katanya.

Ia juga meminta masyarakat untuk lebih memahami kinerja petugas pemadam serta mengimbau agar cepat menghubungi petugas ketika terjadi kebakaran supaya api cepat diatasi dan tidak meluas.

Pewarta: Sigid Kurniawan
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014