Merak (ANTARA News) - Arus balik di Pelabuhan Merak, Banten, masih sepi pada H+3 Lebaran, Kamis pagi, sehingga beberapa kendaraan pribadi tanpa perlu mengentre bisa langsung masuk ke kapal.

Arus balik di Pelabuhan Merak terlihat lengang dan sepi. Lalu lintas berjalan lancar tanpa kepadatan kendaraan.

Begitu pula arus balik pemudik Lebaran dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung, menuju Pulau Jawa belum terjadi lonjakan penumpang.

Namun, pada sore dan malam nanti diperkirakan akan terjadi lonjakan penumpang arus balik di Pelabuhan Merak.

PT ASDP Merak mengoperasikan 27 kapal Ro-Ro dengan target perjalanan dan penyeberangan sebanyak 94 trip.

Selain itu juga kegiatan bongkar muat kapal yang bersandar di pelabuhan dipercepat dari 60 menit menjadi 45 menit untuk mengantisipasi penumpukan penumpang pejalan kaki dan antrean kendaraan.

Kegiatan itu, ujar dia, merupakan komitmen PT ASDP untuk memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada masyarakat pengguna jasa angkutan penyeberangan.

"Kami berharap arus balik pada H+3 Lebaran lancar," kata Manager Operasional PT ASDP Merak Nana Sutisna di Merak, Kamis.

Pihaknya terus bekerja keras untuk melayani arus balik Lebaran lebih baik dibandingkan sebelumnya. Semua dermaga pelabuhan dioperasikan untuk menampung ribuan unit kendaraan.

Penambahan kapal Ro-Ro telah disiapkan untuk antisipasi jika terjadi lonjakan penumpang dan kendaraan arus balik.

"Kami mengimbau penumpang sebaiknya berangkat sing hari untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan dan penumpukan penumpang pejalan kaki," katanya.

Berdasarkan data penumpang arus balik H+2 dari Pelabuhan Bakaheuni menuju Pelabuhan Merak tecatat 38.341 orang terdiri atas penumpang pejalan kaki sebanyak 7.160 orang dan penumpang di atas kendaraan 31.181 orang.

Sedangkan jumlah kendaraan tercatat 7.880 unit terdiri atas roda dua sebanyak 3.326 unit, roda empat 4.242 unit, bus 135 unit dan truk 177 unit.

Pewarta: Mansyur
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014