Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 14.244 orang tiba di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, dalam periode 24 jam terakhir, Rabu (30/7) pagi hingga Kamis (31/7) pagi, dengan menggunakan 563 unit bus.

"Jumlah ini sedikit mengalami peningkatan dibandingkan kedatangan pada hari H (Lebaran)," kata Komandan Regu Satu Dishub Terminal Kampung Rambutan Sugiyono, Kamis.

Menurut Sugiyono, mayoritas penumpang tiba di rentang waktu pukul 14.00 WIB - 20.00 WIB, mencapai 6.145 pemudik.

"Untuk H+1 tahun ini pemudik lebih banyak tiba pada sore hari," tambah Sugiyono.

Ia menjelaskan dari belasan ribu penumpang yang tiba di H+1 Lebaran, penumpang dari daerah Jawa Barat masih mendominasi hingga 70 persen dari total kedatangan.

"Mereka datang dari daerah Jawa Barat seperti Sukabumi, Subang, Bekasi, Tasikmalaya. Sementara dari provinsi lain di luar Jawa Barat jumlahnya belum terlalu besar," katanya menjelaskan.

Meski jumlah penumpang yang tiba mencapai ribuan, tidak ada penumpukan yang terjadi di Kampung Rambutan karena jumlah bus dan angkutan umum mencukupi untuk melayani penumpang ke dalam kota.

Sementara itu sampai H+1 Lebaran, kata Sugiyono, tidak ada laporan tindakan kriminal di Terminal Kamoung Rambutan yang masuk ke pihak kepolisian ataupun dishub.

"Alhamdulillah belum ada laporan tindakan kriminal. Semua masih aman terkendali," ujarnya.

Pewarta: Michael T.A Siahaan
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014