Bakauheni, Lampung Selatan (ANTARA News) - Arus balik pemudik dari Sumatera ke Jawa mulai padat di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, pada empat hari sesudah Lebaran 2014.

Di Pelabuhan Bakauheni hari ini pemudik pejalan kaki mulai berdatangan dan antre di loket pelabuhan penyeberangan di Selat Sunda ini. Meski demikian layanan tetap berjalan lancar.

Petugas mengoptimalkan layanan dengan membuka delapan loket tiket elektronik untuk mencegah antrean panjang  mengingat sebelumnya hanya membuka sekitar lima loket.

Kendaraan roda dua dan roda empat juga mulai berdatangan memadati sejumlah dermaga menunggu diseberangkan ke Jawa.

Manajer Usaha PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry (Persero) Cabang Bakauheni, Heru Purwanto, menyebutkan, berdasarkan data sampai Jumat pagi tadi, arus balik pemudik melalui pelabuhan itu mencapai 179.603 penumpang, sedangkan jumlah kendaraan mencapai 37.557 unit yang 16.393 unit diantaranya kendaraan roda dua.

Jika dibandingkan antara arus mudik dan balik Lebaran 2014 ini, maka jumlah pemudik yang sudah kembali sebanyak 28 persen, sedangkan 72 persen atau 452.632 orang lainnya belum kembali dari total pemudik 631.917 orang.


Pewarta: Budisantoso Budiman
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014