Jakarta (ANTARA News) - Para badut di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Jumat, mengaku meraup penghasilan berlipat saat libur Lebaran dibandingkan hari libur biasa karena jumlah pengunjung di kawasan wisata itu meningkat selama priode liburan ini.

Suminah (50) yang berada di balik kostum kelinci jingga mengaku pendapatannya meningkat hingga empat kali lipat saat libur Lebaran tiba.

"Biasa sehari dapat Rp50.000, saat libur bisa dapat Rp200.000," kata perempuan paruh baya itu, Jumat, usai melayani permintaan berfoto dengan pengunjung.

Perempuan yang sudah sepuluh tahun berprofesi sebagai badut di TMII itu biasanya hanya bekerja saat akhir pekan, namun pada masa libur tiba dia akan bekerja setiap hari untuk menuai lebih banyak rezeki.

Dia mengatakan ada 31 badut dengan variasi kostum, mulai dari kelinci hingga tokoh Angry Bird di beberapa titik keramaian TMII seperti tugu miniatur Monas, anjungan Sumatera Barat dan Keong Mas.

Senada dengannya, Erni (43) yang menjadi badut di pelataran Keong Mas juga mendapat tambahan pendapatan, bahkan pernah mengumpulkan Rp300.000 dalam sehari saat pengunjung ramai berjejalan di TMII.

"Ada yang memberi Rp2.000 sampai Rp10.000, tapi ada juga yang tidak memberi uang setelah berfoto. Tapi saat libur lumayan bertambah uangnya," ujar dia.

Manajer Informasi TMII Suryandoro memperkirakan jumlah pengunjung TMII hingga siang ini mencapai angka 20.000 orang. Dia mengatakan TMII menargetkan 400.000 pengunjung pada liburan Lebaran mulai 28 Juli hingga 10 Agustus 2014.





Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014