Denpasar (ANTARA News) - Federasi Olahraga Kabaddi Seluruh Indonesia (FOKSI) Provinsi Bali akan menggelar kejuaraan "Internasional Sport Week" di Nusa Dua Bali, selama empat hari, 12-16 Oktober 2014.

"Kegiatan untuk mencari atlet terbaik Bali untuk dipersiapkan ke ajang Asian Beach Games (ABG) yang akan berlangsung di Phuket, Thailand pada 14-23 November 2014," kata Sekertaris Umum FOKSI Bali, Maryoto Subekti di Denpasar, Sabtu.

Ia mengatakan kejuaraan tersebut akan menyasar para atlet muda dari perguruan tinggi yang ada di Bali yang berkembang sangat pesat dan banyak diminati oleh para mahasiswa.

Maryoto Subekti menuturkan bahwa olahraga tersebut sudah diperkenalkan di beberapa Universitas yang ada di Bali yakni IKIP PGRI Bali, Undiksha Singaraja dan Universitas Udayana.

"Kami juga berencana mengikutsertakan para pelajar dari Sekolah Menengah Atas yang banyak memiliki atlet berbakat," ujarnya Maryoto yang juga merangkap sebagai pelatih dan Eksekutif Komite PB FOKSI pusat.

Pihaknya juga berencana akan mengirim sebanyak enam hingga tujuh perwakilan atlet kabaddi Bali yang akan turun di nomor Beach yang mana dalam satu tim tersebut dihuni sebanyak enam orang pemain.

Ia menambahkan ada dua nomor dalam cabang olahraga tersebut yakni "beach" dan "indoor". Namun, Bali belum memiliki atlet fi nomor "indor".

"Saat ini kami masih fokus di nomor beach" karena lebih umum dipertandingkan di ajang kejuaraan nasional dan internasional," ujarnya.

Selain itu, pihaknya berencana akan mengundang tim kabaddi dari India, Nepal, Malaysia, Thailand, Korea, Pakistan dalam ajang "Internasional Sport Week" tersebut.

"Dengan adanya kejuaraan ISW tersebut diharapkan Bali memperoleh atlet terbaiknya untuk tampil di kejuaraan ABG," ujarnya.

Untuk target perolehan medali, pihaknya mengharapkan atlet Bali mampu mendulang banyak medali dalam ajang ABG nanti.

(KR-SRW/I006)

Pewarta: I Made Surya
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014