Karawang (ANTARA News) - Kesadaran pemudik untuk tertib berlalu lintas pada Lebaran tahun ini lebih baik dibanding tahun sebelumnya, menurut Polres Karawang yang memantau lalu lintas kendaraan pemudik yang melewati daerah itu.

"Dibandingkan dengan musim mudik-balik lebaran tahun sebelumnya, tingkat kesadaran berlalulintas pemudik lebih bagus musim mudik-balik lebaran tahun ini," kata Kasatlantas Polres Karawang AKP M Rano Hadiyanto kepada ANTARA di Karawang, Sabtu.

Menurut dia, cukup bagusnya kesadaran lalu lintas pemudik itu bisa dilihat secara kasat mata, seperti penggunaan helm ganda bagi pemudik bermotor, berkurangnya pemudik bermotor yang membonceng lebih dari dua orang, dan lain-lain.

Pada musim mudik-balik Lebaran tahun ini, kata dia, pemudik juga tidak banyak protes saat petugas mengalihkan arus atau merekayasa lalu lintas untuk mengurai kemacetan.

Sedangkan pada musim mudik-balik Lebaran tahun lalu, banyak pemudik yang protes atau tanya-tanya saat petugas melakukan rekasaya lalu lintas.

Ia menyatakan, rekayasa lalu lintas hanya dilakukan saat terjadi kemacetan, serta untuk mencegah kemacetan parah di jalur mudik. Sedangkan jika jalur mudik itu lancar, petugas tidak akan melakukan rekayasa lalu lintas.

"Selama arus mudik-balik lebaran di Karawang, untuk sementara ini masih cenderung aman. Tidak ada kecelakaan besar yang terjadi di jalur mudik wilayah Karawang," kata Rano.

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014